Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Investasi Jabar: Masjid Al Kamil Diproyeksikan Dongkrak Pariwisata Sumedang

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meresmikan operasionalisasi Masjid Al Kamil yang terletak di Kawasan Wisata Waduk Jatigede.
Masjid Al Kamil yang terletak di Kawasan Wisata Waduk Jatigede. /Bisnis-Dea Andriyawan
Masjid Al Kamil yang terletak di Kawasan Wisata Waduk Jatigede. /Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meresmikan operasionalisasi Masjid Al Kamil yang terletak di Kawasan Wisata Waduk Jatigede. Setelah diresmikan masjid yang didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut bisa digunakan.

"Alhamdulillah kita bisa gunakan masjid ini sebagai syiar islam sekaligus menjadi ikon pariwisata di Sumedang," ungkap Bupati, Jumat (26/8/2022). 

Untuk diketahui, Masjid Al Kamil ini terletak di Kecamatan Jatigede dan berada di tepian tebing Bendungan Jatigede. Sehingga, saat berada di pelataran masjid, pengunjung bisa langsung melihat hamparan Bendungan dengan pegunungan yang berjajar sebagai latar belakangnya. 

Selain Masjid Al Kamil, dalam pengerjaan kawasan tersebut ada juga jembatan dan monumen Kujang Sapasang atau disebut juga Kujang Kembar. 

"Untuk penyelesaian tinggal Kujang Sepasang, itu kita targetkan bisa selesai dan diresmikan di akhir 2022 ini," ungkap Dony. 

Menurut Dony, saat ini proses perakitan sepasang kujang dengan tinggi total 99 meter tersebut tengah dilakukan. Sehingga nantinya setelah selesai, akan langsung dibangunkan. 

Ia berharap, pembangunan infrastruktur pariwisata ini bisa menjadi pondasi pariwisata dengan landasan religi dan kebudayaan. 

"Masjid Al Kamil ini jadi pondasi pariwisata religi untuk memperkuat hubungan dengan langit. Sedangkan Kujang Sepasang ini untuk membuat kita membumi, down to earth," jelasnya. 

Selanjutnya, ia juga menargetkan, dengan progres pembangunan infrastruktur pariwisata di Kabupaten Sumedang ini bisa seiring sejalan dengan peningkatan kesiapan masyarakat untuk menjadi masyarakat sadar wisata.

Konten ini merupakan bagian dari pemberitaan Jelajah Investasi Jabar 2022. Program ini digelar Bisnis Indonesia perwakilan Bandung terselenggara berkat dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, PT Migas Utama Jabar, Bank BJB, PT Jamkrida Jabar, PT IBRM, dan Pemkab Sumedang.(K34) (K34) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper