Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alhamdulillah Mulus! Pemprov Jabar Perbaiki 7 Ruas Jalan di Majalengka

Pemerintah Provinsi Jawa Barat merealisasikan perbaikan jalan di tujuh ruas provinsi di Kabupaten Majalengka.
Situasi perbaikan ruas jalan di Sindangwangi, Majalengka.
Situasi perbaikan ruas jalan di Sindangwangi, Majalengka.

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat merealisasikan perbaikan jalan di tujuh ruas provinsi di Kabupaten Majalengka.

Pengendara kini bisa menikmati mulusnya jalan, terutama di Jalan Raya Sindangwangi yang sudah dilakukan perbaikan. Sebelumnya, semua jalan di sepanjang jalur tersebut mengalami kerusakan.

"Alhamdulilah, jalannya mulus lagi, tadinya di jalur Sindangwangi ini rusak parah," kata Agun, warga Majalengka kepada Bisnis, Minggu (26/3/2023).

Dia menghaturkan terima kasih pada Ridwan Kamil yang merealisasikan akan memperbaiki ruas vital bagi jalur mudik tersebut. "Mudik bisa lancar, hatur nuhun Kang Emil," katanya.

Di Kabupaten Majalengka, terdapat sedikitnya 7 ruas jalan yang dilakukan perbaikan dan seluruhnya kewenangan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2023 ini. 

Daftar ruas jalan yang dilakukan perbaikan di Majalengka yakni Jalan Batas Majalengka Cirebon-Cigasong, Jalan Ahmad Yani – Talaga, Jalan Majalengka – Talaga, Jalan Talaga – Cikijing, Jalan Majalengka – Talaga, Jalan Majalengka - Talaha Km 72+500, dan Jalan Batas Majalengka - Sumedang (Krisik) Km. Cn. 83+000.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, program perbaikan jalan menjadi prioritas di akhir masa jabatan dirinya. Program ini sebenarnya sudah lama diagendakan. 

Namum selama 2 tahun banyak pekerjaan tertunda karena anggaran infrastruktur yang tergeser untuk bantuan sosial Covid-19.

"Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jawa Barat segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek," katanya.

Menurut Kang Emil, pengerjaan terhadap 71 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemdaprov Jabar terbagi dalam tiga klasifikasi yaitu pemeliharaan berkala, rekonstruksi, dan peningkatan jalan. 71 ruas jalan tersebut dibagi dalam 69 paket pekerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkala.

Dari total panjang ruas jalan 353,822 kilometer yang diperbaiki itu, klasifikasinya adalah pemeliharaan berkala, pelapisan kembali atau overlay dengan hotmiks.

Dari 69 paket pekerjaan penanganan jalan, 62 di antaranya adalah pemeliharaan berkala yang pemilihan penyedianya melalui e-katalog tanggal 19 Februari lalu sudah tayang.

Sebagian besar dari proyek tersebut tentu sudah direaliasikan, salah satunya di Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper