Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Melirik Al Istiqomah, Masjid Besar yang Dibangun Susi Pudjiastuti di Pangandaran

Masjid Al Istiqomah di Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu rumah ibadah kebanggaan umat muslim di wilayah tersebut.
Masjid Al Istiqomah di Kabupaten Pangandaran
Masjid Al Istiqomah di Kabupaten Pangandaran

Bisnis.com, PANGANDARAN - Masjid Al Istiqomah di Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu rumah ibadah kebanggaan umat muslim di wilayah tersebut.

Masyarakat di Pangandaran biasa menyebut masjid tersebut dengan nama Masjid Agung Al Istiqomah. Hal tersebut karena menjadi satu-satunya rumah ibadah umat islam paling megah di Pangandaran.

Perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Istiqomah, Dudung menyebutkan masjid tersebut berdiri di atas lahan yang diwakafkan oleh Haji Karlan, ayah kandung dari mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti.

"Dibangun tahun 74. Selama pembangunan, seluruhnya dibiayai oleh Bu Susi, karena melarang warga untuk meminta sumbangan di jalan," kata Dudung di Kabupaten Pangandaran, Selasa (4/4/2023).

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, Selasa (4/4/2023), masjid tersebut berada di sebelah utara sebelum pintu masuk objek wisata Pangandaran dan sebelah barat Tugu Ikan.

Dibangun dengan konsep minimalis, masjid ini memiliki denah persegi panjang yang dilengkapi satu kubah utama di tengah bangunan.

Berbeda dengan masjid lainnya, kubah masjid ini berbentuk setengah lingkaran yang dihiasi dengan beragam ornamen.

Pada bagian ruangan utama, ditemukan sebuah ruangan mihrab dengan ornamen memukau di sekelilingnya. Kemudian berbagai macam hiasan seperti kaligrafi juga turut dibangun di dalam masjid ini.

Kemudian, di bagian utara, berdiri sebuah monumen unik bentuk yang sering diabadikan oleh wisatawan saat berkunjung ke Pangandaran.

Fasilitas lainnya yang bisa ditemukan di Masjid Al Istiqomah yaitu, parkir luas, taman, madrasah, perpustakaan, hingga kamar mandi.

Konten ini merupakan bagian dari Safari Ramadan yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia, dan didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat, Bank BJB, BUMD PT Migas Utama Jabar (MUJ), dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler