Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada 8 Bus Bandros Rancangan Ridwan Kamil Dipakai Arak-arakan Atlet Sea Games

Sebanyak delapan bus Bandung Tour On Bus (Bandros) dari Jawa Barat turut menjadi bagian arak-arakan kontingen timnas Indonesia di Sea Games 2023
Ada 8 Bus Bandros Rancangan Ridwan Kamil Dipakai Arak-arakan Atlet Sea Games / Istimewa
Ada 8 Bus Bandros Rancangan Ridwan Kamil Dipakai Arak-arakan Atlet Sea Games / Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG - Sebanyak delapan bus Bandung Tour On Bus (Bandros) dari Jawa Barat turut menjadi bagian arak-arakan kontingen Timnas Indonesia usai berlaga di ajang Sea Games 2023 Kamboja.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan kendaraan Bandros dari Jabar dipinjam resmi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk arak-arakan.

"Jabar yang dikoordinir Pemprov bantu 8 unit, 5 dari Kota Bandung, 1 dari Kota Cimahi, 2 dari Pemprov Jabar. Permintaan  Kemenpora," kata Benny saat dikonfirmasi, Jumat (19/5/2023).

Bus Bandros sendiri merupakan kendaraan wisata yang didesain khusus oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kendaraan ini kemudian dibagikan ke sejumlah kabupaten/kota di Jabar.

"Kendaraan Bandros merupakan inovasi Pak Ridwan Kamil pada saat jadi Walikota Bandung dan direplikasi saat menjadi gubernur Jabar" ujar Benny.

Menurutnya, partisipasi Pemprov lewat Bandros merupakan dukungan pada keberhasilan atlet SEA Games 2023. "Ini merupakan partisipasi Jawa Barat untuk Indonesia," pungkasnya.

Seperti diketahui, pesta arak-arak kontingen Indonesia yang berprestasi di SEA Games 2023 digelar di Jakarta hari ini.

Di ajang Sea Games 2023, kontingen Indonesia berhasil menyabet total 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu dan membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen di bawah Thailand dan Vietnam yang jadi juara umum.

Pencak silat menjadi cabor paling banyak menyumbang medali emas (9), disusul atletik (7). Indonesia juga berhasil menyabet emas sepakbola untuk pertama kalinya sejak 1991.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi pencapaian para atlet Indonesia di SEA Games 2023. Kemenpora merayakan keberhasilan ini dengan arak-arak kirab juara.

Acara arak-arakan digelar pada Jumat (19/5/2023) mulai pukul 8.00 pagi WIB. Para peraih medali akan diarak dengan parade bus terbuka.

Rute arak-arak dimulai dari Kantor Kemenpora RI lalu ke FX Sudirman, Semanggi, dan Bundaran HI. Parade kemudian kembali ke arah Senayan menuju putaran Patung Pemuda dan berakhir di Gelora Bung Karno.

"KIRA87UARA: PRESTASIMU, KEBANGGAAN KITA! Sobatpora, ayo sama-sama kita sambut atlet-atlet kebanggaan Indonesia yang telah berjuang dan menorehkan prestasi di ajang SEA Games 2023 Kamboja!" cuit akun Twitter Kemenpora RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper