Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jajal Pasar Internasional, UMKM Binaan Indag Jabar Unjuk Gigi di Thailand

Sejumlah produk UMKM di bawah naungan Indag Jabar tengah unjuk gigi di pameran makanan dan minuman internasional Thaifex-Anuga 2023 di Bangkok, Thailand.
Stand Indag Jawa Barat (Jabar) di ajang pameran internasional Thaifex-Anuga 2023 di Bangkok, Thailand. /Bisnis-Yustinus Andri
Stand Indag Jawa Barat (Jabar) di ajang pameran internasional Thaifex-Anuga 2023 di Bangkok, Thailand. /Bisnis-Yustinus Andri

Bisnis.com, BANGKOK Sejumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berada di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat (Indag Jabar) berupaya untuk menjelajah pasar global dengan memanfaatkan pameran dagang makanan dan minuman terbesar di Asia tahun ini yakni Thaifex – Anuga 2023.

Adapun, Indag Jabar memamerkan produknya melalui booth yang berada di area Paviliun Indonesia di  Thaifex – Anuga 2023.

Sementara itu, sejumlah produk makanan dan minuman yang dipamerkan oleh Indag Jabar di pameran yang digelar selama 21-27 Mei 2023 di Bangkok, Thailand itu antara lain makanan tradisional Indonesia seperti rendang daging sapi dan ayam yang dikemas secara siap saji, beragam kripik yang terbuat dari berbagai bahan baku dan minuman teh.

Lulu Musa Dil Piero, salah satu perwakilan UMKM Indag Jabar mengatakan, produk-produk yang dipamerkan di Thaifex – Anuga 2023 telah melalui sejumlah proses kurasi. Hal itu dilakukan untuk memastikan kualitas produk yang dipamerkan, layak untuk dipasarkan di pasar global.

“Semua produk yang dipamerkan di sini adalah murni hasil produksi UMKM binaan Indag Jabar. Rata-rata produk UMKM yang dipamerkan ini, diproduksi dari bahan baku yang dihasilkan dari peternakan atau perkebunan yang ada di Provinsi Jawa Barat,” katanya, Rabu (24/2/2023).

Lulu mengatakan, selain menjadi ajang untuk memasarkan produk-produk UMKM asal Jabar, Thaifex – Anuga 2023 juga digunakkan oleh Indag Jabar untuk menghimpun informasi terkait kebutuhan pasar global dari para pengunjung.

“[Thaifex – Anuga 2023] Jadi semacam marketing intelligence buat kami. Dari sharing dan tanya jawab dengan para pengunjung yang berasal dari berbagai negara di acara ini, kami jadi tahu produk seperti apa yang mereka butuhkan dan bisa kami manfaatkan ceruk pasarnya, lanjutnya.

Dia pun menambahkan bahwa keikutsertaan dalam Thaifex – Anuga 2023 juga akan dimanfaatkan oleh Indag Jabar untuk memperkuat branding produk-produk asal Indonesia, terutama yang berasal dari Provinsi Jawa Barat.

Sejauh ini, menurutnya, terdapat 5 calon buyers asal Timur Tengah yang tertarik dengan produk-produk buatan UMKM asal Jawa Barat tersebut.

Seperti diketahui Thaifex – Anuga Asia merupakan ajang pameran internasional yang digelar tiap tahun di Thailand. Menggambil lokasi di Impact Muang Thong Thani di Bangkok, Thailand pada 23-27 Mei 2023, pameran yang diinisiasi oleh Departemen Promosi Perdagangan Internasional Thailand, Kamar Dagang Thailand, dan Koelnmesse ini, menampilkan ribuan peserta pameran dari berbagai negara.

Diklaim sebagai salah satu pameran dagang terbesar di Asia, Thaifex – Anuga Asia 2023 menampilkan sebanyak 1.925 peserta pameran yang berasal dari 43 negara. Selain Thailand, lima negara yang ikut serta menjadi peserta dengan status top five exhibition international countries adalah China, Korea Selatan, Malaysia, Vietnam, dan Turki.

Beragam jenis makanan dari berbagai belahan dunia dipamerkan di dalam Thaifex – Anuga Asia 2023 yang mengambil ruang pameran seluas 130.000 meter persegi. Pameran dagang ini juga turut menyediakan 11 ruang pameran dengan sejumlah tema khusus.

Selain menyediakan ruang bagi pengunjung untuk menjajal berbagai jenis makanan dari para peserta pameran, para calon mitra atau buyers juga diberikan kesempatan untuk melakukan negosiasi dan kesepakatan dagang di tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper