Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pangandaran Dapat Berkah Cuan dari Acara Komunitas Motor

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar mengatakan peningkatan keterisian hotel di seputar Pantai Pangandaran meningkat hingga 71 persen.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG--Acara 50th Golden Wing Day 33th HDCI Aniversary di Kawasan Kampung Turis, Pamugaran, Kabupaten Pangandaran pada 26-27 Mei 2023 kemarin terbukti meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. 

Tak hanya itu keterisian hotel dan penginapan di Pangandaran turut meningkat.

Kegiatan tersebut dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 26 Mei 2023 di Gedung Sate untuk menuju Pantai Pangandaran. 

Acara tersebut dihadiri kurang lebih 1.200 peserta berasal dari komunitas Motor Harley Davidson Club Indonesia yang hadir dari seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan peningkatan keterisian hotel di seputar Pantai Pangandaran meningkat hingga 71 persen dibandingkan hari biasa.

"Sudah penuh, hotel hotel dan penginapan di Pangandaran yang menandakan ekonomi Pangandaran terbantu oleh kegiatan ini” ujar Benny, Senin (29/5/2023).

Disarbud Jabar pun membuat Smiling West Java (SWJ) Paviliun dalam rangkaian kegiatan tersebut. Mengusung tema Road to West Java Festival 2023, SWJ Paviliun menampilkan produk unggulan khas pengusaha lokal Kabupaten Pangandaran.

Produk seperti Batik Dahon, Kayubos, Saung Kalapa, Pengrajin Hata Mitra Saluyu, Silalabak Kopi, Den Bagoes, dan juga menghadirkan ASITA Kabupaten Pangandaran yang menjual paket paket wisata inbound kawasan Pangandaran dan sekitarnya.

Benny menambahkan, SWJ Paviliun hadir Sebagai wujud dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap berbagai event serta keunikannya, serta sebagai salah satu pra event kegiatan West Java Festival 2023 yang akan dilaksanakan pada Agustus 2023 nanti. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan pergerakan kunjungan wisatawan dan ekonomi daerah khususnya di Pangandaran dan umumnya di Jawa Barat," paparnya.

Jodi, salah satu petugas penginapan di kawasan Pangandaran mengatakan, pemesanan kamar sudah penuh sepekan sebelum acara.

"Seminggu sebelum event, sudah pada booking. Jadi selama weekend full book," ucapnya.

Tak hanya sektor penginapan dan restoran, jada pijat pun laris manis. Olih (50) tukang pijat di Batu Karas mengatakan, para pemotor ingin menggunakan jasa pijat untuk menghilangkan rasa lelah selama perjalanan.

"Sabtu kemarin saya mijit sekitar delapan orang, alhamdulillah. Temen saya ada yang nyampe 10 orang sehari," tutur Olih.

Dalam acara tersebut, Kang Emil secara spontan melukis di atas baju berwarna putih. Baju bergambar motor itu pun dilelang kepada peserta acara. Pihak HDCI pun menyumbangkan puluhan tempat sampah untuk mendukung kebersihan objek wisata.

"Alhamdulillah Pak Gubernur melukis di baju lalu dilelang. Terjual senilai Rp17 juta," ungkap Benny.

Rencananya, hasil lelang karya Kang Emil akan diberikan kepada korban kecelakaan lalu lintas, yakni seorang santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Al Abidin di Jalan Nasional, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Benny berharap, event tersebut bisa berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Tentunya dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan peserta dan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper