Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jemaah Haji Asal Sumedang Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebanyak 366 jamaah haji asal Sumedang, yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 5, sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.
Jemaah Haji Asal Sumedang Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci / BISNIS - Dea Andriyawan
Jemaah Haji Asal Sumedang Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci / BISNIS - Dea Andriyawan

Bisnis.com, SUMEDANG - Sebanyak 366 jamaah haji asal Sumedang, yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 5, sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.

Keberangkatan tersebut merupakan gelombang pertama dari total 869 jemaah calon haji asal Sumedang. Selanjutnya, gelombang kedua tergabung pada Kloter 14 dan gelombang ketiga pada Kloter 22.

Wabup Sumedang Erwan Setiawan mendoakan jemaah haji agar diberikan kekuatan lahir dan batin serta kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

"Saya meyakini tujuan Bapak dan Ibu berangkat ke tanah suci, menunaikan rukun Islam yang ke lima untuk meraih ridho dan rahmat Allah SWT yakni menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," ucapnya.

Erwan juga berpesan agar jemaah calon haji senantiasa memelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna.

"Karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin, tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji," tuturnya.

Wabup juga meminta agar jemaah turut mendoakan kebaikan bagi Kabupaten Sumedang berikut pemimpinnya.

"Khusus untuk Kabupaten Sumedang, saya harap abapak dan Ibu dapat mendoakan saya dan Bapak Bupati di akhir masa jabatan ini dapat mewujudkan Kabupaten Sumedang Simpati," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sumedang Jajang Apipidin mengatakan, jumlah jemaah haji Kloter 5 KJT yang diberangkatkan pada gelombang pertama sebanyak 366 jemaah, ditambah 8 petugas.

"Jemaah haji kloter 5 akan diterima di asrama Indramayu pada pukul 16. 00 WIB dan akan istirahat selama 9 jam. Di sana akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan terakhir, pembagian dokumen, living cost dan yang lainnya," terangnya.

Kemudian tanggal 2 juni 2023 pukul 10.30 WIB jemaah calon haji dari asrama haji diberangkatkan ke Bandara BIJB Kertajati yang akan take off pukul 16.35 WIB.

"Kami yang ada di Tanah Air akan selalu mendoakan para jemaah haji. Semoga selalu diberikan kelancaran, kesehatan dan keselamatan dan kembali lagi ke tanah air dengan selamat yang tentunya menyandang haji mabrur," ungkapnya.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Sumedang yang telah memberikan bantuan fasilitasi untuk jemaah haji yaitu berupa transportasi Sumedang-Indramayu pulang pergi, makan minum di perjalanan, souvenir, dan juga biaya untuk petugas haji.

"Kami juga memohon kepada para jemaah haji untuk mendoakan kami di tanah air khususnya Kabupaten Sumedang dan aparatnya agar diberikan kesehatan keberkahan dan dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan amanah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper