Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pariwisata Anyer Terpukul Kenaikan Tarif Listrik dan Elpiji 12 Kg

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badan Pimpinan Daerah Banten menyatakan pelaku industri pariwisata Banten di wilayah Anyer harus memangkas biaya operasional guna mengurangi kerugian akibat penaikan tarif dasar listrik dan gas 12 kg.
/ Bisnis-Ana Noviani
/ Bisnis-Ana Noviani

Bisnis.com, TANGERANG—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badan Pimpinan Daerah Banten menyatakan pelaku industri pariwisata Banten di wilayah Anyer harus memangkas biaya operasional guna mengurangi kerugian akibat penaikan tarif dasar listrik dan gas 12 kg.

Deni Nur Alam, Kepala Bidang Promosi PHRI BPD Banten, menyatakan pelaku industri di pantai Anyer sangat terpukul akibat penaikan TDL dan gas 12 kg mengingat karakteristik pengunjung ke lokasi wisata ini hanya pada akhir pekan.

“Dengan karakteristik ini, tingkat okupansi di Anyer maksimal 30% per bulan. Dengan begitu, pelaku pariwisata harus segera ikat pinggang dengan memangkas biaya operasional, kerja se-efisien mungkin karena tidak ada pilihan menaikkan tarif wisata,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (6/10/2014).

Menurutnya, momen yang harus sangat diwaspadai oleh pelaku industri pariwisata di Anyer adalah kuartal pertama tahun depan. Karena itu, penaikan TDL dan gas 12 kg pada kuartal III/2014 belum terlalu berdampak karena dalam periode puncak kunjungan wisatawan.

Secara historis, tuturnya, peningkatan jumlah pengunjung ke objek wisata Anyer mulai terjadi pada akhir kuartal kedua, kemudian meningkat di sepanjang kuartal ketiga dan mencapai puncak di akhir tahun.

Pada awal tahun, jumlah pengunjung secara drastis akan merosot sehingga risiko kerugian semakin tinggi. Menurutnya, kendati infrastruktur jalan menuju sejumlah lokasi wisata di Banten sudah dalam kondisi baik, namun rendahnya promosi pariwisata daerah menjadi faktor penghambat pertumbuhan industri ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler