Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Banten, Kepala Daerah Diminta ‘Turun Gunung’ Imunisasi MR

Kepala daerah di Banten diminta turun gunung untuk menyukseskan cakupan imunisasi measles rubella (MR).
Ilustrasi imunisasi/BBC
Ilustrasi imunisasi/BBC

Bisnis.com, SERANG - Kepala daerah di Banten diminta ‘turun gunung’ untuk menyukseskan cakupan imunisasi measles rubella (MR) guna mempersiapkan generasi bangsa yang sehat, tahan terhadap penyakit yang diakibatkan campak dan rubela.

"Kita hingga kini belum mencapai target nasional di atas 95 persen cakupan imunisasi MR," kata Kepala Seksi Surveilen dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Rostina.

Meski realisasi imunisasi MR belum tercapai target, wali kota dan bupati se-Banten harus turun tangan dengan mendatangi masyarakat untuk menyukseskan imunisasi MR.

Masyarakat masih ditemukan penolakan imunisasi dengan alasan tidak memiliki sertifikasi halal yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu juga pascaimunisasi dapat menimbulkan suhu demam bagi anak.

Penolakan masyarakat tersebut hingga kini realisasi imunisasi MR di Banten terendah dibandingkan dengan Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur,Jawa Tengah dan Jogyakarta.

Dia berharap wali kota dan bupati ‘turun gunung sehingga bisa mendongkrak realisasi imunisasi mencapai nasional di atas 95 persen sampai Sabtu (14/10/2017).

"Kami optimistis realisasi imunisasi MR bisa mencapai target di atas 95 persen dengan turun gunung kepala daerah itu," ujarnya.

Menurut dia, saat ini Wali Kota Tangerang Selatan Airin mendatangi permukiman masyarakat untuk mengajak anak-anak agar dilakukan imunisasi MR. Namun, kebanyakan anak-anak di wilayah itu bersekolah di DKI Jakarta.

Karena itu, pihaknya memerintahkan kepada orang tua agar anak-anak mereka setelah pulang sekolah bisa mendatangi pos pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas maupun Posyandu untuk divaksin imunisasi MR.

Pihaknya juga mengapresiasi terhadap kerja keras Dinas Kesehatan dan Puskesmas karena mereka tidak henti-hentinya untuk mensukseskan imunisasi.

Petugas kesehatan itu sejak Agustus-September 2017 dengan melayani imunisasi MR di sekolah-sekolah, posyandu hingga permukiman masyarakat.

Kerja keras petugas kesehatan itu bisa dibuktikan selama lima tahun terakhir Provinsi Banten tidak terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit akibat tidak divaksin campak dan rubela.

"Kami mendorong anak-anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun yang jumlahnya di Banten 3.322.185 jiwa bisa semua diimunisasi MR," kata Rostina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler