Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Covid-19 di Serang, Begini Persiapannya

Ada sereminoal dulu bersama dengan Pak Gubernur yang akan dilaksanakan di Tangerang pada tanggal 14 nanti.
Ilustrasi./Antara-Rahmad.
Ilustrasi./Antara-Rahmad.

Bisnis.com, SERANG - Pemerintah Kota Serang menjadwalkan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di tahap pertama mulai 14 Januari 2021 yang diikuti Kepala Daerah serta tenaga kesehatan.

Sekertaris Dinkes Kota Serang Hikmat Sumantri di Serang, Selasa (12/1/2021) mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara seremonial oleh para kepala daerah baik itu Kabupaten/Kota di Provinsi Banten yang telah didata.

"Ada sereminoal dulu bersama dengan Pak Gubernur yang akan dilaksanakan di Tangerang pada tanggal 14 nanti," katanya.

Kemudian, untuk tenaga kesehatan dan perwakilan fotum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), kepala OPD serta tokoh masyarakat akan dilaksanakan setelah penjadwalan penyuntikan vaksin kepada para kepala daerah.

"Antara tanggal 14 dan 15 Januari, Jadi di kami itu ada surat edaran (SE) ke 10 pimpinan masyarakat atau pimpinan OPD untuk teladan saja, bahwa mereka semua mau menerima vaksin ini. Jadi tidak ada keraguan di masyarakat untuk divaksin," katanya.

Ia menjelaskan, pada tahap pertama ini Kota Serang menerima vaksi Covid-19 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten itu sebanyak 3.380 dosis yang dikhususkan untuk tenaga medis dan kepala daerah.

"Allhamdulilah saat Kota Serang menerima vaksin Covid-19 dari Pemvrov itu sebanyak 3.380 dosis, rencananya kita untuk vaksinasi secara seremonial akan dilakukan pada tanggal 14 di Tangerang," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengedalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Serang, Ratu Anita mengataka,n pihaknya telah menyiapkan 33 fasilitas kesehatan (faskes) untuk pelayanan vaksinasi. Terdiri dari 16 Puskesmas, 9 Klinik dan 8 rumah sakit daerah baik milik pemerintah maupun swasta.

"Ada 33 fasilitas kesehatan yang akan menerima kegiatan imunisasi vaksin ini. Kemudian dari 33 faskes itu terdiri dari 16 PKM, Klinik dan RS yang ada di Kota Serang," katanya.

Ia menuturkan di setiap fasilitas kesehatan itu menempatkan tiga vaksinator yang akan melakukan imunitas, kemudian untuk tahap vasinasi kepada masyarakat akan dilakukan setelah Pemkot Serang mendapat distribusi tambahan dari Pemprov Banten.

"Kalau vaksinator ada 99, di setiap rumah sakit ada 3 didalam ruangan itu. Tentunya vaksinator ini dari Kota Serang," kata Anita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler