Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Belanda: Ajax Ikut PSV Menang Besar, Feyenoord Tumbang

Feyenoord Rotterdam, salah satu kekuatan sepak bola Belanda, ditaklukkan di kandang sendiri dengan skor 0 - 2 oleh tim promosi Fortuna Sittard.
Ajax Amsterdam/Reuters-Toussaint Kluiters
Ajax Amsterdam/Reuters-Toussaint Kluiters

Bisnis.com, JAKARTA – Terjadi kejutan besar dalam pekan ke-16 Eredivisie ketika Feyenoord Rotterdam, salah satu kekuatan sepak bola Belanda, ditaklukkan di kandang sendiri dengan skor 0 - 2 oleh tamunya Fortuna Sittard yang merupakan tim promosi.

Bertarung di Stadion De Kuip di Rotterdam dalam pertandingan yang berakhir pada Senin (17/12/2018) dini hari WIB, tuan rumah Feyenoord gagal mencegah dua gol yang dilesakkan Fortuna Sittard.

Kedua gol tim tamu dilesakkan pada babak kedua. Lars Hutten membuka keunggulan Fortuna Sittard ketika babak kedua memasuki menit ke-6 dan Ahmed El-Messaoudi menggandakan keunggulan anak asuh Rene Eijer saat pertandingan telah memasuki waktu tambahan.

Kekalahan itu memang tidak menggoyahkan Feyenoord, yang ditukangi mantan kapten Timnas Belanda yang berdarah Maluku, Giovanni van Bronckhorst, dari peringkat ketiga dalam klasemen sementara, tetapi bagaimanapun kekalahan dari tim promosi jelas merupakan sejarah tak elok.

Feyenoord kini mendulang nilai 35, di bawah dua kekuatan tradisional sepak bolla Negeri Kindir Angin lainnya, yakni juara bertahan PSV Eindhoven (45) dan Ajax Amsterdam (43).

Ketiga tim tersebut merupakan pengoleksi terbanyak trofi Eredivisie, kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda, sepanjang sejarah. Ajax juara terbanyak yakni 33 kali, diikuti PSV 24 kali termasuk musim lalu, sedangkan Feyenoord 15.

Ajax dalam pertandingan pekan ke-16 ini mengikuti jejak PSV yang sehari sebelumnya meraih kemenangan besar atas Heracles Almelo. Ajax menghabisi tim promosi De Graafschap dengan skor sangat telak 8 - 0 di Johan Cruyff Arena di Amsterdam.

Hakim Ziyech dan Daley Blind mencetak hattrick. Hakim mencetak ketiga golnya pada menit ke-32, 62, dan 69, sedangkan Blind menjebol gawang tim tamu pada menit 65, 74, dan 90. Dua gol pertama disumbang Dusan Tadic pada menit 18 dan Noussait Mazraoui 7 menit berselang.

Dengan hanya berselisih 2 angka di belakang PSV, Ajax tetap bertahan sebagai kompetitor ketat bagi sang juara bertahan. Satu kali saja PSV tersandung, katakanlah seri, gelar juara mereka bisa diambil alih Ajax mengingat selisih gol keduanya persis sama yakni 57-7.

Hasil lengkap pekan ke-16: Willem II 0 vs ADO Den Haag 3; PEC Zwolle 0 vs NAC Breda 0; AZ 2 vs Excelsior 1; Heracles 0 vs PSV 4; Vitesse 2 vs VVV Venlo 1; Heerenveen 2 vs Utrecht 3; Ajax 8 vs De Graafschap 0; Groningen 1 vs Emmen 2; Feyenoord 0 vs Fortuna Sittard 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Football Oranje
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper