Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Asia 2019: Uzbekistan Menang 4 - 0, Ini 10 Tim Lolos ke 16 Besar

Uzbekistan melaju ke 16 besar Piala Asia 2019 setelah menghancurkan Turkmenistan dengan skor 4 - 0 dalam pertandingan Grup F.
Penyerang Uzbekistan Javokhir Sidikov selepas menjebol gawang Turkmenistan./AFC
Penyerang Uzbekistan Javokhir Sidikov selepas menjebol gawang Turkmenistan./AFC

Bisnis.com, JAKARTA – Uzbekistan melaju ke 16 besar Piala Asia 2019 setelah menghancurkan Turkmenistan dengan skor 4 - 0 dalam pertandingan Grup F di Stadion Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab pada Senin (14/1/2019) dini hari WIB.

Keempat gol Uzbekistan dicetak oleh Javokhir Sidikov (17'), Eldor Shomurodov (24' dan 42'), serta Jaloliddin Masharipov (40'), demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC (Asian Football Confederation).

Dengan hasil ini, Uzbekistan memuncaki klasemen grup dengan koleksi 6 poin, jumlah poin yang sama dengan yang dimiliki tim peringkat kedua Jepang, sedangkan Turkmenistan berada di posisi juru kunci tanpa nilai.

Pelatih Turkmenistan Yazguly Hojageldyev mendesak timnya untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan menyusul kekalahan 2 - 3 mereka dari Jepang, tetapi pesan-pesannya terlihat tidak dapat diterapkan ketika Uzbekistan mengamuk pada babak pertama.

Sidikov memulai pesta gol Uzbekistan pada menit ke-17 dengan meluncur untuk mengonversi umpan tarik Dostonbek Khamdamov, di mana Shomurodov menggandakan keunggulan mereka beberapa saat kemudian.

Mungkin dipicu kemenangan 6 - 0 Qatar atas Korea Utara pada pertandingan Grup E yang dimainkan beberapa jam sebelumnya, Uzbekistan mengandaskan lawannya dengan dua gol dalam 2 menit sebelum turun minum.

Masharipov kemudian menyambar bola liar untuk mengubah skor menjadi 3 - 0, sebelum Shomurodov mengecoh kiper Turkmenistan untuk mengemas gol keduanya di laga ini pada menit ke-42.

Otabek Shukurov hampir menambahi gol selanjutnya dengan sepakan jarak jauh pada pertengahan babak kedua, namun Turkmenistan mampu terhindar dari keterpurukan yang lebih dalam.

Dengan sukses melaju ke besar, fokus Uzbekistan sekarang akan berubah pada pertandingan terakhir mereka melawan Jepang, yang juga telah memastikan diri lolos, untuk memperebutkan peringkat teratas.

Bagi Turkmenistan, mereka harus mengalahkan Oman—yang juga belum mendapatkan poin di turnamen ini—untuk memelihara peluang melaju sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Hingga saat ini telah 10 tim memastikan lolos ke babak 16 besar yakni UEA (Grup A), Yordania (B), China, Korea Selatan (C), Iran, Irak (D), Qatar, Arab Saudi (E), serta Jepang dan Uzbekistan (F).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/The-afc.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper