Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Tersingkir Secara Tragis dari Piala Asia, Constantine Mundur

Pelatih Timnas India Stephen Constantine menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya, menyusul kekalahan timnya dari Bahrain 0 - 1 di laga terakhir Grup A Piala Asia 2019.
Stephen Constantine/Reuters-Satish Kumar
Stephen Constantine/Reuters-Satish Kumar

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Timnas India Stephen Constantine menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya, menyusul kekalahan timnya dari Bahrain 0 - 1 di laga terakhir Grup A Piala Asia 2019 pada Selasa (15/1/2019).

Tendangan penalti pemain Bahrain Jamal Rashed di menit terakhir pada pertandingan di Sharjah tersebut, membuat India yang sebenarnya hanya memerlukan hasil seri, gagal ke babak 16 besar Piala Asia.

"Stephen Constantine telah menyatakan pengunduran dirinya sebagai pelatih kepala timnas India. Kami belum menerima penyampaian resmi dari dia, tapi kami dapat menerima keputusannya, dan kami berterima kasih atas kontribusinya pada sepak bola India," kata Sekjen Federasi Sepak Bola India (AIFF) Kushal Das, seperti dilansir Indian Express.

Pelatih asal Inggris itu sudah dua kali periode menangani Timnas India. Pertama pada 2002-2005, kemudian dia kembali lagi pada 2015, menggantikan pelatih asal Belanda Wim Koevermans.

Di bawah asuhan Constantine, sepak bola India terus mengalami kemajuan, khususnya dalam peringkat FIFA yang mencapai 100 besar.

Di Piala Asia 2019, tim India sempat membuat kejutan dengan mengalahkan Thailand 4 - 1, namun kemudian kalah 0 - 2 dari Uni Emirat Arab dan dari Bahrain 0-1.

"Saya sudah berada (di India) selama 4 tahun. Target saya adalah lolos ke Piala Asia, dan saya telah melakukannya. Kami telah mencatat sejumlah rekor dan saya bangga kepada para pemain atas upaya yang telah mereka lakukan," kata pria 56 tahun itu.

"Saya rasa kiprah saya sudah selesai," tambahnya kepada wartawan di Uni Emirat Arab.

Menurut Constantine, kegagalan lolos ke 16 besar Piala Asia ini adalah sebuah realita yang harus diterima, meskipun cukup menyakitkan baginya dan bagi para pemainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper