Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Alaves Vs Barcelona, Preview, Komentar Pelatih, Susunan Pemain

Trofi juara La Liga Spanyol makin dekat ke pelukan Barcelona. Hingga pekan ke-33, Barcelona memimpin klasemen dengan 77 angka. Pesaing terdekatnya, Atletico Madrid, berselisih jauh, yakni sembilan poin.
Striker Barcelona, Lionel Messi/REUTERS-Sergio Perez
Striker Barcelona, Lionel Messi/REUTERS-Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA - Trofi juara La Liga Spanyol makin dekat ke pelukan Barcelona. Hingga pekan ke-33, Barcelona memimpin klasemen dengan 77 angka. Pesaing terdekatnya, Atletico Madrid, berselisih jauh, yakni sembilan poin.

Sesuai dengan jadwal, Barcelona akan bertandang ke Stadion Mendizorroza, markas Deportivo Alaves, Rabu (24/4/2019) dini hari nanti, mulai 02.30 (disiarkan SCTV). Jika Blaugrana menang, gelar juara makin mendekat.

Jika Lionel Messi dan kolega sukses meraup tiga angka di kandang Alaves, dan dalam laga lainnya Atletico kalah melawan Valencia, Barcelona bisa menjadi juara dini. Dengan selisih keduanya berada di angka 12, dan tersisa empat laga.

Seandainya Barcelona kalah dalam empat laga sisa dan Atletico menyapu bersih kemenangan, Barcelona tetap akan menjadi juara. Barcelona unggul catatan head to head dengan Atletico—sekali menang dan sekali imbang.

Meski satu kaki sudah berada di podium juara, Barcelona tak mau besar kepala. Los Cules tetap ingin berfokus menyelesaikan jadwal pertandingan La Liga musim ini dengan kemenangan.

"Ada yang bilang hanya soal waktu kami juara La Liga. Kami membuang jauh pikiran itu. Faktanya kompetisi belum berakhir dan semua bisa saja terjadi," kata Manajer Barcelona, Ernesto Valverde.

Pelatih berusia 55 tahun itu menyatakan bukan perkara gampang bagi Barcelona meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. Sebagai contoh pertandingan Barcelona melawan Real Sociedad, di Camp Nou, Ahad lalu.

Di atas kertas, seharusnya Luis Suarez dan kawan-kawan bakal gampang mengalahkan tim penghuni tangga ke-11 klasemen sementara La Liga itu. Namun yang terjadi, Barcelona kesulitan menumbangkan Sociedad.

Bahkan hampir saja laga tersebut berakhir imbang 1-1 setelah gol Barcelona yang dibikin Clement Lenglet dibalas tim berjulukan Babazorros itu lewat Juanmi. Beruntung gol kemenangan Barca tercipta lewat bek kiri Jordi Alba.

"Ini bukti bahwa ada penderitaan yang harus kami lalui sebelum meraih kemenangan. Jangan dikira tim sekelas Barcelona bisa gampang menang di La Liga," kata mantan Manajer Athletic Bilbao itu.

Karena itu pula Barcelona tak akan setengah hati mempersiapkan pertandingan lanjutan melawan Alaves. Terlebih tim berjulukan EL Glorioso itu tampil cukup apik musim ini.

Hingga sekarang Takashi Inui dan kolega berdiri di posisi delapan klasemen sementara dengan torehan 46 angka—hasil dari 12 kemenangan, 10 kali imbang, dan 11 kekalahan.

Sementara itu, Manajer Alaves, Abelardo Fernandez, mengatakan timnya sudah siap menjamu calon juara, Barcelona. Pelatih berusia 49 tahun itu menegaskan bahwa mereka tak takut dan tak peduli dengan catatan selalu kalah dari Barcelona dalam lima pertemuan terakhir.

"Kami akan menunjukkan penampilan terbaik kami, apa pun hasilnya. Saya sangat senang dengan penampilan Alaves musim ini," kata mantan pelatih Sporting Gijon itu.

Alaves mengincar angka penuh dalam laga melawan Barcelona. Bukan niat Alaves untuk menunda gelar juara Barca. Namun, mereka ingin mengejar perolehan poin dengan Sevilla dan Valencia di papan klasemen. Sevilla kini bertengger di posisi keenam dan Valencia di posisi kelima dengan nilai sama, 52.

Alaves ingin mengejar selisih enam angka untuk membuka peluang lolos ke Liga Europa musim depan. Sesuai dengan aturan La Liga, tim yang finis di posisi kelima klasemen akhir berhak lolos ke fase penyisihan grup Liga Europa. Sedangkan tim finis posisi keenam berhak mengikuti babak play off ke penyisihan grup kompetisi kasta kedua Eropa tersebut.

Berbicara tentang kans Alaves lolos ke kompetisi Eropa, Abelardo merendah. Dia mengatakan bahwa misi tersebut teramat berat. Mantan bek tengah tim nasional Spanyol 1991-2001 ini lebih memilih nothing to lose dalam mengejar satu tiket Liga Europa itu. 

"Kami akan mengejar semampu kami. Tapi kami yakin tim ini pantas tampil di Liga Europa. Mari kita lihat seberapa mampu kami menuntaskan misi mustahil tersebut," kata Abelardo.

Prediksi Susunan Pemain Alaves Vs Barcelona:

Deportivo Alaves (4-4-2): Pacheco; Marin, Maripan, Ely, Aguirregabiria; Jony, Pina, Manu Garcia, Inui; Guidetti, Rolan.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Lenglet, Pique, Semedo; Busquets, Rakitic, Vidal; Dembele, Suarez, Messi.

Enam Pertemuan Terakhir Alaves Vs Barcelona:
18 Agustus 2018: Barcelona 3-0 Alaves
28 Januari 2018: Barcelona 2-1 Alaves
26 Agustus 2017: Alaves 0-2 Barcelona
27 Mei 2017: Barcelona 3-1 Alaves
11 Februari 2017: Alaves 0-6 Barcelona
10 September 20016: Barcelona 1-2 Alaves.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper