Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala AFF U-18 2019: Begini Cara Timnas U-18 Menjaga Kebugaran

Piala AFF U-18 2019: Begini Cara Timnas U-18 Menjaga Kebugaran
Fakhri Husaini/PSSI
Fakhri Husaini/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas sepak bola U-18 yang sedang mengikuti kejuaraan Piala AFF U-18 2019 di Vietnam tidak hanya dituntut untuk siap menjalani pertandingan, namun juga mampu menjaga kebugaran fisik agar bisa mengeluarkan performa terbaik saat laga.

Menurut dokter yang menangani timnas U-18, ada mekanisme standar yang harus diterapkan para pemain, namun bisa berdampak pada baik atau buruknya performa pemain.

"Mereka hanya perlu menjaga asupan makanan dan punya istirahat yang cukup," tutur dokter timnas U-18 Syarif Alwi saat ditemui di Binh Duong, Vietnam,Jumat (9/8/2019)

Kedua pemahaman tersebut menjadi kunci kesuksesan pemain supaya tampil prima, katanya menambahkan.

Meski terdengar sepele, pemahaman gizi ialah bidang pengetahuan ilmiah yang tidak bisa dilakukan secara spontanitas, oleh karenanya ofisial timnas U-18 sudah membekali para pemain dengan dasar-dasar ilmu gizi sebelum bertolak ke Vietnam.

"Sebelum ke sini sudah ada 'nutrition class', jadi anak-anak diberi pemahaman mengenai asupan gizi. Mana yang harus dimakan, apa jenis makanan yang cocok, kapan harus istirahat. Mereka diajari untuk bertanggung jawab dengan gizi mereka," tutur dokter berkacamata tersebut.

Selain asupan makanan, pola istirahat ke-23 pemain timnas U-18 juga menjadi perhatian dokter Syarif.

Jika kedua hal tersebut tidak seimbang dilakukan, jangan harap para pemain Garuda Nusantara bisa bermain maksimal di lapangan.

Termasuk dengan pranata rotasi pemain dalam setiap pertandingan yang dijalani timnas, juga menjadi salah satu alternatif untuk menjaga "peak" pemain.

Selain memberi waktu istirahat bagi pemain yang sudah bertanding dalam laga di hari sebelumnya, rotasi pemain juga menjadi momen untuk pemulihan bagi pemain yang mengalami cedera.

"Kuncinya ya hanya itu. Kemarin coba lihat, Bagus tidak main dan hanya ada Supriadi. Tapi timnas mainnya bisa tetap 'galak'. Asupan makan, istirahat, rotasi pemain itu cara agar puncak staminanya terjaga. Lalu sesi latihan juga dijaga supaya energinya tidak turun," pungkas dokter Syarif.

Pada agenda Piala AFF U-18 2019 di Vietnam, tim asuhan pelatih Fakhri Husaini ini diisi 23 pemain, yaitu kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Risky Sudirman, Muhammad Adisatryo.

Selanjutnya bek: Komang Teguh Trisnanda, Muhammad Salman Alfarid, Bayu Mohamad Fiqri, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, Mochammad Yudha Febrian, Rizky Ridho Ramadhani, Muhammad Fajar Fathur Rahman, Muhammad Fadhil Adhitya Akshah, Alfeandra Dewangga.

Gelandang: Brylian Negiehta Dwiki Aldama, Theo Fillo Da Costa Numberi, David Maulana, Beckham Putra Nugraha, Khairul Imam Zakiri, Rendy Juliansyah, Braif Fatari, serta Mochammad Supriadi.

Penyerang: Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri, Saddam Emiruddin Gaffar, dan Sutan Diego Zico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper