Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Italia Pekan ke-7: Atalanta dan Fiorentina Kembali Menang

Hasil Liga Italia Pekan ke-7: Atalanta dan Fiorentina Kembali Menang
Striker Atalanta, Duvan Zapata/FedeNerazzurra
Striker Atalanta, Duvan Zapata/FedeNerazzurra

Bisnis.com, JAKARTA- Atalanta mengokohkan posisinya di peringkat ketiga klasemen Liga Italia setelah mempecundangi Lecce dengan skor 3-1, dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Minggu (6/10/2019) malam WIB.

Gol-gol kemenangan Atalanta disumbangkan oleh Duvan Zapata, Papu Gomez, dan Robin Gosens. Sedangkan gol hiburan Lecce dicetak oleh Fabio Lucioni, demikian dilansir laman resmi Liga Italia.

The Orobici memainkan laga kandang perdananya di Stadion Gewiss yang telah selesai direnovasi. Pada pertandingan-pertandingan kandang sebelumnya mereka memakai markas Parma, Stadion Ennio Tardini.

Sejak awal Atalanta tampil menekan. Peluang pertama didapat dari sundulan Zapata yang melambung di atas mistar gawang, kemudian Josip Ilicic melepaskan tembakan yang masih dapat ditepis kiper Lecce Gabriel.

Gelombang serangan Atalanta baru membuahkan hasil pada menit ke-35. Zapata berhasil mengejutkan para pemain bertahan Lecce di sisi kiri, dan menyelesaikannya dengan sepakan keras tanpa dapat dihentikan kiper lawan.

Lecce mencoba membalas melalui penguasaan bola dan sepakan voli Filippo Falcao, yang dapat diredam kiper Pierluigi Gollini.

Berupaya menekan, justru gawang Lecce yang harus kembali kemasukan lima menit sebelum turun minum. Gomez berlari mengejar bola sodoran Zapata, dan menempatkan sepakan ke sudut bawah gawang melewati Gabriel.

Atalanta mencatatkan 14 tembakan pada babak pertama, dan babak kedua berjalan dengan pola serupa. Zapata memiliki peluang saat sepakannya hanya mengenai jaring samping gawang, dan sepakan melengkung Gomez masih mengarah ke atas mistar gawang.

Gol ketiga Atalanta dibukukan Gosens pada menit ke-56. Gelandang kiri ini bergerak ke depan, bekerja sama dengan Ilicic dan menyelesaikan peluang dengan sepakan ke sudut bawah gawang dari dalam kotak penalti.

Unggul tiga gol tidak membuat Atalanta mengendurkan permainan. Gabriel berkali-kali melakukan penyelamatan penting untuk mencegah gawangnya kemasukan lebih banyak lagi.

Lecce kemudian berhasil mencetak gol hiburan pada menit ke-86'. Gol ini didapat dari tendangan bebas Falco yang diteruskan sundulan Fabio Lucioni.

Pada pertandingan lain, AS Roma dibuat gusar karena hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan tamunya Cagliari. Kemarahan Roma disebabkan karena gol Nikola Kalinic pada menit akhir pertandingan tidak disahkan.

Cagliari yang lebih banyak bertahan justru unggul terlebih dahulu berkat hadiah penalti pada menit ke-26. Wasit menganggap lengan Gianluca Mancini mengenai bola di kotak terlarang. Setelah meninjau VAR, wasit bersikukuh memberikan penalti yang sukses dimaksimalkan oleh Joao Pedro.

Roma menyamakan kedudukan lima menit kemudian. Luca Ceppitelli berusaha meluncur untuk membuang umpan silang Justin Kluivert, namun bola justru masuk ke dalam gawangnya sendiri. Gol itu sekaligus menjadi gol terakhir di laga yang dimainkan di ibukota.

Tim ibukota lainnya, Lazio, juga mendapatkan hasil imbang. Bertamu ke markas Bologna, Lazio yang dua kali berada dalam posisi tertinggal hanya bermain 2-2 dengan tuan rumah.

Pada laga yang berakhir dengan kedua tim hanya memiliki sepuluh pemain akibat kartu merah, Bologna unggul terlebih dahulu saat Riccardo Orsolini melewati para bek di sisi kanan, dan mengirim umpan silang yang disambar Ladislav Krejci pada menit ke-21.

Keunggulan Bologna hanya bertahan dua menit. Ciro Immobile berada di sisi kiri kotak penalti dan kiper Bologna Lukasz Skorupski berpikir pemain itu akan mengirim umpan silang atau melepaskan tembakan. Namun Immobile melihat celah dan melepaskan sepakan akurat ke sudut bawah gawang.

Bologna kembali mencetak gol pada menit ke-31. Berawal dari tendangan melengkung Mattias Svanberg yang memantul ke tiang jauh, bola kemudian disambar oleh Rodrigo Palacio.

Lazio kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-39. Immobile memainkan operan satu-dua dengan Luis Alberto, dan menyelesaikan peluang dengan sepakan akurat ke sudut bawah gawang.

Pada babak kedua, kedua tim harus kehilangan satu pemain karena hukuman kartu merah. Gelandang Lazio Lucas Leiva harus meninggalkan lapangan akibat tekel kerasnya terhadap Svanberg yang berbuah kartu kuning kedua.

Di kubu Bologna, mereka harus kehilangan Gary Medel pada menit ke-70. Medel mendapat kartu merah akibat pelanggarannya terhadap Joaquin Correa.

Peluang emas terakhir yang didapat Lazio gagal dimanfaatkan oleh mereka. Francesco Acerbi yang bergerak ke depan diganjal Palacio di kotak terlarang, untuk membuat wasit menunjuk titik putih. Sayangnya, Correa yang bertindak sebagai eksekutor gagal menunaikan tugas dengan sempurna. Sepakannya membentur mistar gawang.

Susunan pemain Atalanta vs Lecce:

Atalanta (3-4-1-2): Pierluigi Gollini, Berat Djimsiti, Simon Kjaer (Rafael Toloi 69'), Jose Luis Palomino, Timothy Castagne, Marten De Roon, Remo Freuler, Robin Gosens, Papu Gomez, Josip Ilicic (Ruslan Malinovskyi 74'), Duvan Zapata (Luis Muriel 59')

Lecce (4-3-1-2): Gabriel, Andrea Rispoli, Luca Rossettini, Fabio Lucioni, Marco Calderoni, Jacopo Petriccione (Diego Faris 55'), Andrea La Mantia (Khouma Babacar 60'), Zan Majer, Marco Mancosu, Filippo Falco, Giannelli Imbula (Brayan Vera 86')

Fiorentina Kembali Menang

Fiorentina menyodok ke peringkat kedelapan klasemen Liga Italia setelah menundukkan tamunya Udinese dengan skor tipis 1-0, dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Artemio Franchi, Florence, Minggu.

Gol semata wayang di laga tersebut dibukukan oleh bek kanan Nikola Milenkovic pada menit ke-72, demikian laman resmi Liga Italia.

Kemenangan beruntun ketiga bagi La Viola ini membawa mereka menduduki peringkat delapan dengan koleksi 11 poin. Fiorentina hanya kalah selisih gol dari Cagliari dan Lazio yang memiliki jumlah poin yang sama. Sedangkan bagi Udinese, hasil itu membuat mereka kesulitan keluar dari papan bawah dan harus menduduki peringkat ke-14 dengan tujuh poin.

Udinese yang kembali diperkuat Rodrigo De Paul setelah menjalani skors tiga pertandingan menebar ancaman terlebih dahulu ketika pemain Argentina itu melepaskan sepakan dari sudut sempit yang masih dapat ditahan Bartlomiej Dragowski.

Mereka bahkan mampu membobol gawang tuan rumah pada menit ke-34, namun gol itu tidak disahkan karena lengan Nicolas Opoku sempat mengenai bola dalam proses terjadinya gol.

Fiorentina berupaya tampil lebih agresif di babak kedua. Bola kiriman Federico Chiesa dari sisi kanan melayang melintasi kotak penalti tanpa dapat disambar oleh Gaetano Castrovilli maupun Dalbert.

Beberapa saat kemudian, Chiesa memanfaatkan kesalahan William Troost-Ekong untuk memaksa Juan Musso melakukan penyelamatan. Pada kesempatan berikutnya Franck Ribery melepaskan tendangan bebas yang masih melebar.

Kebuntuan akhirnya pecah dengan diawali tendangan bebas Fiorentina. Eksekusi Erick Pulgar terdefleksi pemain Udinese, namun Mato Jajalo membiarkan bola keluar lapangan tanpa menyadari telah terjadi sentuhan. Dari tendangan sudut tersebut, bola kemudian disundul Milenkovic untuk membuat publik tuan rumah bersorak gembira.

Udinese segera mencoba bangkit dan hampir menyamakan kedudukan 40 detik kemudian, ketika Kevin Lasagna bekerja sama dengan Stefano Okaka. Namun, sepakan Lasagna dapat diredam Dragowski.

Tim tamu terus menggempur pertahanan Fiorentina pada sepuluh menit terakhir, namun gol penyama kedudukan yang mereka harapkan tidak kunjung tercipta.

Susunan pemain Fiorentina vs Udinese:

Fiorentina (3-5-2): Bartlomiej Dragowski, Nikola Milenkovic, German Pezzella, Martin Caceres, Pol Lirola, Erick Pulgar, Milan Badelj (Marco Benassi 64'), Gaetano Castrovilli (Szymon Zurkowski 81'), Dalbert, Federico Chiesa, Franck Ribery (Rachid Ghezzal 87)

Udinese (3-5-2): Juan Musso, Nicholas Opoku, William Troost-Ekong, Samir, Jens Stryger Larsen (Hidde Ter Avest 85'), Rolando Mandragora (Antonin Barak 78'), Mato Jajalo, Rodrigo De Paul, Ken Sema, Ilija Nestorovski (Kevin Lasagna 63'), Stefano Okaka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper