Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Kualifikasi Euro 2020, Italia Pesta Gol & Pastikan Juara Grup

Italia, yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Euro 2020, memastikan tampil sebagai juara Grup J babak kualifikasi setelah melumat tuan rumah Liechtenstein dengan lima gol tanpa balas.
Ujung tombak Italia Andrea Belotti (kanan) merayakan golnya ke gawang Liechtenstein bersama Ciro Immobile, juga striker Gli Azzurri, di sisi lapangan./UEFA.com
Ujung tombak Italia Andrea Belotti (kanan) merayakan golnya ke gawang Liechtenstein bersama Ciro Immobile, juga striker Gli Azzurri, di sisi lapangan./UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Italia, yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020, memastikan tampil sebagai juara Grup J babak kualifikasi setelah melumat tuan rumah Liechtenstein dengan lima gol tanpa balas.

Bermain di Stadion Rheinpark di Vaduz dalam pertandingan pekan kedelapan, dua dari lima gol tim tamu dikontribusi Andrea Belotti pada menit ke-70 dan ketika babak kedua telah memasuki injury time.

Hingga rehat, Italia baru unggul satu gol yang disumbang Federico Bernardeschi saat pertandingan baru berjalan 2 menit.

Pada babak kedua, setelah Belotti menggandakan keunggulan pada menit ke-70, skuat berjuluk Gli Azzurri menambah gol lewat Alessio Romagnoli (77’) dan Stephan El Sharaawy (82’) sebelum gol penutup datang lagi dari Belotti di ujung bpertandingan.

Hasil ini memastikan Italia finis sebagai juara grup setelah sebelumnya memastikan lolos sejak matchday ketujuh mengalahkan Yunani 2 - 0.

Sementara itu, kekalahan ini memastikan Liechtenstein finis di dasar klasemen dengan nilai sementara 2. Kalau pun menang di dua laga terakhir, Liechtenstein tetap di dasar klasemen karena kalah head to head dari Yunani (8).

Nilai Italia saat ini 24 dan dengan setiap tim menyisakan dua pertandingan, tak mungkin lagi dapat dikejar peringkat kedua Finlandia (15).

Finlandia pada pekan kedelapan menaklukkan tamunya Armenia 3 - 0 di Stadion Veritas di Turku. Dua dari tiga gol tuan rumah dihasilkan striker Norwich City Teemu Pukki pada menit ke-61 dan 88 setelah Fredrik Jensen membuka skor pada menit ke-31.

Ini kekalahan keempat Armenia di kualifikasi ini dan menempatkan  mereka di posisi ketiga klasemen sementara Grup J dengan nilai 10, sama dengan peringkat keempat Bosnia-Herzegovina. Selisih gol Bosnia lebih baik, tapi Armenia unggul head to head.

Armenia dan Bosnia sulit untuk finis sebagai runner up untuk mendampingi Italia lolos ke putaran final Euro tahun depan meski secara matematis masih memungkinkan. Namun, bagi Bosnia, walaupun gagal finis sebagai runner up, mereka telah dijamin masuk playoff untuk berebut satu dari empat tiiket di luar jatah otomatis untuk setiap juara dan runner up grup.

Satu pertandingan lain pada Rabu dini hari WIB, Yunani menang 2 - 1 atas tamunya Bosnia-Herzegovina di Stadion Olimpiade di Athena. Hasil itu memelihara asa Yunani untuk lolos ke playoff.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper