Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jumlah Uang yang Dihabiskan Lima Liga Top Eropa di Bursa Transfer Januari

Di antara transfer termahal adalah kepindahan Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon ke Manchester United yang diganjar dengan fee awal sebesar 55 juta euro.
Borussia Dortmund Erling Haaland/Antara
Borussia Dortmund Erling Haaland/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Klub-klub di lima liga besar Eropa --Inggris, Spanyol, Jerman, Italia dan Prancis-- mengambil porsi 71,8 persen dari total bayaran secara global yang dibelanjakan selama jendela transfer Januari 2020, kata badan sepak bola dunia FIFA, Rabu (12/2/2020).

Sebanyak 170 negara aktif dalam jendela transfer bulan lalu, di mana total 4.108 transfer dituntaskan.

Sekalipun klub-klub dari lima liga besar Eropa hanya 14,1 persen dari jumlah transfer, bayaran yang mereka benamkan mencapai 71,8 persen dari belanja global.

Klub-klub Inggris membelanjakan 298,2 juta dolar AS dalam transfer itu yang merupakan tertinggi di dunia, diikuti Jerman dengan 206,1 juta dolar AS, dan Italia dengan 126.7 juta dolar AS.

Liga-liga utama top ini mengambil porsi 93,1 persen dari total belanja pada transfer internasional.

Di antara transfer termahal adalah kepindahan Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon ke Manchester United yang diganjar dengan fee awal sebesar 55 juta euro, sedangkan Borussia Dortmund membeli striker muda Erling Haaland dari Red Bull Salzburg.

Keseluruhan, Lima Besar itu berbelanja senilai 824,6 juta dolar AS pada Januari, hanya kalah dari jendela transfer Januari 2018 ketika mereka membelanjakan total 1,01 miliar dolar AS.

"Belanja oleh klub-klub liga Lima Besar itu sepertinya akan terus di atas jalan pertumbuhan umum tahun sebelumnya, yang memainkan peran sentral dalam pasar transfer global," kata chief legal officer FIFA Emilio Garcia.

"Adalah kewajiban FIFA untuk mengawasi dan melaporkan secara hati-hati aktivitas-aktivitas itu, dengan memberikan transparansi yang lebih luas terhadap sistem transfer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper