Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Skor Arsenal vs Liverpool, Preview, Formasi, Susunan Pemain

Arsenal akan menjamu Liverpool di Stadion Emirates, Kamis (16/7/2020) dini hari dalam lanjutan Liga Inggris.
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta/Forbes
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta/Forbes

Bisnis.com, JAKARTA - Manajer Arsenal Mikel Arteta harus meraih kemenangan saat melawan Liverpool jika ingin menjaga peluang merebut tiket Liga Europa musim depan.

Arsenal akan menjamu Liverpool di Stadion Emirates, Kamis (16/7/2020) dini hari dalam lanjutan Liga Inggris.

Arsenal saat ini berada di posisi kesembilan klasemen Liga Inggris dengan perolehan 50 angka. Dengan tiga laga tersisa, mereka masih mungkin menyalip Wolverhampton Wanderers yang saat ini berada di posisi keenam dengan 55 angka dan merupakan pemegang tiket Liga Europa terakhir.

Laga kontra Liverpool sendiri merupakan yang terberat dari tiga laga terakhir Arsenal musim ini. Dua laga lainnya, Arsenal hanya harus menghadapi Aston Villa dan Watford yang kini menghuni papan bawah.

Naas bagi Arteta, menghadapi Liverpool timnya tengah dalam kondisi buruk. Dalam dua laga terakhir mereka gagal meraih kemenangan. Arsenal ditahan imbang Leicester City 1-1 dan kalah dari Tottenham Hotspur 1-2 pada laga akhir pekan kemarin.

Liverpool yang telah memastikan gelar juara Liga Inggris memiliki performa yang lebih baik. Skuad asuhan Jurgen Klopp memang baru saja mendapat hasil imbang pada laga kontra Burnley akhir pekan llau, namun mereka sebelumnya berhasil meraih dua kemenangan atas Aston Villa dan Brighton.

Rekor pertemuan kedua tim juga jelas lebih memihak kepada Liverpool. Dalam 10 pertemuan terakhir, Arsenal tak pernah sekalipun meraih kemenangan dari The Kop. Enam kekalahan dan empat kali imbang menjadi catatan merah pasukan Meriam London.

Pada pertemuan pertama di Liga Inggris musim ini, Arsenal pun harus menyerah 1-3. Tetapi Arsenal saat itu masih di bawah asuhan Unai Emery yang kemudian digantikan Arteta pada Desember lalu.

Laga ini bisa dianggap sebagai ujian terakhir bagi Mikel Arteta karena dua alasan. Selain karena mempertaruhkan nasib Arsenal untuk bermain di kompetisi Eropa, laga ini juga merupakan ajang pembuktian terakhir Arteta menunjukkan bahwa dirinya layak menangani Arsenal dan bisa membawa tim itu bersaing di papan atas Liga Inggris musim depan.

Sepanjang setengah musim menangani Aubameyang cs, Arteta sejauh ini bisa dianggap gagal memenuhi harapan suporter Arsenal agar mereka bersaing di papan atas. Rapor Arteta ketika menghadapi tim-tim elit Liga Inggris pun cukup buruk.

Dari enam laga melawan tim elit - Tottenham, Chelsea, Manchester City, Manchester United dan Leicester City - Arteta hanya mampu meraih satu kemenangan dan menelan tiga kekalahan, dua laga lainnya berakhir imbang.

Karena itu, laga kontra Liverpool bisa menjadi satu pertimbangan untuk menilai apakah Arteta layak dipertahankan Arsenal musim depan.

Arsenal sendiri sedikit diuntungkan karena Liverpool tak akan bermain dengan skuad terbaiknya. Klopp dipastikan kehilangan kapten Jordan Henderson yang mengalami cedera lutut.

Dengan gelar juara Liga Inggris sudah di tangan, Liverpool juga tampaknya akan memberikan kesempatan kepada sejumlah pemain muda dan para pemain cadangan seperti pada laga sebelumnya.

Mikel Arteta sendiri tak mengalami masalah cedera. Selain Mesut Ozil dan Bernd Leno yang sudah absen cukup lama, Arteta akan dapat memainkan seluruh skuad terbaiknya pada laga dini hari nanti.

Prediksi susunan pemain dan formasi Arsenal vs Liverpool:

Arsenal (3-4-3): Martinez; Xhaka, David Luiz, Mustafi; Saka, Torreira, Ceballos, Bellerin; Aubameyang, Lacazette, Pepe

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexandre-Arnold, Gomez, Van Dijk, Williams; Fabinho, Keita, Jones; Salah, Origi, Mane

Meskipun diprediksi tak menurunkan skuad terbaiknya, tetap saja Liverpool bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Arteta harus memastikan timnya tampil dengan konsentrasi penuh.


Kesalahan-kesalahan kecil yang bisa berujung pada gol lawan seperti pada laga kontra Tottenham harus benar-benar diminimalisir oleh Arsenal.

Masalah bagi Arteta juga ada di lini belakangnya. Dengan pemain yang sudah cukup berusia seperti David Luiz dan Shkordan Mustafi, lini pertahanan Arsenal dipastikan akan sulit jika diajak adu lari oleh Sadio Mane, Divock Origi atau Mohamed Salah.

Pertarungan di lini tengah menjadi kunci bagi Arteta jika ingin memenangkan laga Arsenal vs Liverpool malam nanti. Dengan kelebihan jumlah pemain di sana, Arsenal harus mendikte permainan dan mengalirkan banyak bola ke lini depan.

Satu kelebihan Arsenal yang harus dieksploitasi Arteta adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang asal Gabon itu terbukti sebagai salah satu mesin gol paling menakutkan di Liga Inggris saat ini.

Aubameyang tercatat telah mencetak 20 gol musim ini meskipun belakangan sumbangannya sedikit menurun. Sejak Liga Inggris kembali bergulir bulan lalu, Aubameyang hanya mencetak tiga gol dari tujuh laga. Misi mengembalikan ketajaman Aubameyang inilah yang harus diterapkan Arsenal di lapangan pada laga dini hari nanti.

Laga Liga Inggris pekan ke-36 antara Arsenal vs Liverpool dini hari nanti akan berlangsung pada pukul 02.15 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh Mola TV.

Prediksi Skor Arsenal vs Liverpool

Skor Arsenal vs Liverpool 2-1

Skor Arsenal vs Liverpool 1-1

Skor Arsenal vs Liverpool 1-3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper