Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemusatan Latihan Timnas Indonesia Dimulai 7 Agustus

Pemusatan pelatihan Timnas Indonesia senior dan U-19 direncanakan dimulai 7 Agustus 2020, tertunda sekitar sepekan karena para pemin men jalani tes swab Covid-19
Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia pada Februari 2020./PSSI.org
Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia pada Februari 2020./PSSI.org

Bisnis,com, JAKARTA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan pelatih Shin Tae-yong -yong memastikan Timnas Indonesia senior dan Timnas U-19 akan menjalani latihan perdana pada Jumat (7/8/2020) di Stadion Madya Jakarta.

Sejak mulai berkumpul pekan lalu, kedua timnas tersebut belum melakukan latihan karena harus mengikuti protokol kesehatan dan menunggu hasil swab test hingga tiga kali terlebih dahulu.

Latihan perdana timnas senior dan U-19 sedianya digelar mulai Sabtu (1/8/2020). Skuat Garuda sudah datang dan menjalani pemusatan latihan (training center/TC) di Jakarta sejak Kamis (23/7/2020). Sehari sebelumnya Shin juga tiba di Jakarta dari Korea Selatan.

“Saya ingin memastikan seluruh pemain tidak terkena Covid-19 sebelum memulai latihan di lapangan. Kami juga meminta tim medis untuk melakukan second opinion alias swab test lagi ke rumah sakit lainnya,” kata Shin sebagaimana dilansir laman resmi PSSI pada Rabu (5/8/2020).

Pada Kamis (30/7/2020), skuad Garuda menjalankan swab test yang ketiga dan diikuti 98 pemain dan ofisial. Saat ini seluruh pemain masih menjalani latihan secara mandiri di Hotel Fairmont Jakarta, tempat menginap timnas selama TC.

“Selain itu, ada beberapa pemain dari Eropa yang baru bergabung sama kami seperti (David Maulana, Brylian Aldama, Egy Maulana, Elkan Baggot), tentu harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Kami ingin semua pemain steril,” tambah Shin.

Sementara itu, kepala medis PSSI dan juga kepala dokter timnas Syarif Alwi mengonfirmasi keinginan Shin. "Kami sudah berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan Covid-19 yang diminta pelatih dan menunggu arahan selanjutnya dari federasi (PSSI).''

Bagi timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga tersebut, yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10/2020), menjamu Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan tandang ke Vietnam (12/11/2020).

Sedangkan Timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper