Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Champions Leipzig vs PSG, Pelatih Termuda Menantang Sang Guru

Pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann akan berjuang menghadapi PSG, yang ditangani mantan pelatihnya Thomas Ruchel, di semifinal Liga Champions Eropa.
Pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann./Reuters
Pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Julian Nagelsmann, pelatih termuda sepanjang sejarah Bundesliga dan saat ini menangani RB Leipzig, tidak menyangka tetapi juga tidak sabar menghadapi bekas pelatihnya sendiri, Thomas Tuchel, yang kini menangani Paris Saint-Germain di semifinal Liga Champions Eropa.

Pertandingan antara kedua tim tersebut dijadwalkan berlangsung pada Rabu (19/8/2020) mulai npk. 02.00 WIB di Stadion Da Luz di Lisbon, ibu kota Portugal.

Tuchel menangani tim lapis kedua FC Augsburg pada 2007–2008 dan di dalamnya terdapat Nagelsmann muda yang masih merintis karir sebagai pesepak bola profesional.

Namun, cedera lutut serius membuat Nagelsmann tak sempat merumput di bawah kepelatihan Tuchel dan justru banting setir ke jalur kepelatihan yang diawali sebagai pemandu bakat.

"Saya pernah dilatih Tuchel. Saya dikontrak sebagai pemainm tetapi kemudian cedera," kata Nagelsmann seperti dilansir laman resmi Union of European Football Associations (UEFA) pada Selasa (18/8/2020).

"Kemudian saya harus memilih untuk bisa tetap membayar studi saya, sehingga saya mengambil kesempatan menjadi pemandu bakat dan menganalisa tim-tim lawan," ujar pelatih yang berusia 33 tahun itu.

Berselang 12 tahun kemudian, Nagelsmann sudah memiliki reputasi sebagai pelatih muda cemerlang setelah sukses di Hoffenheim dan kini menangani Leipzig.

Nagelsmann mengantarkan Leipzig ke babak semifinal Liga Champions dan akan menghadapi mantan pelatihnya, Tuchel. "Saya tak pernah menyangka bisa mencapai semifinal Liga Champions dan menghadapinya."

Dia menegaskan timnya tidak akan terlalu mencurahkan perhatian tentang apa yang bisa dilakukan PSG, melainkan fokus untuk memainkan permainan terbaik Leipzig. "Kami ingin menampilkan permainan kami sendiri, fokus ke diri sendiri daripada memikirkan PSG."

Leipzig mencapai semifinal setelah menyingkirkan Atletico Madrid 2–1 dan jika bisa melewati PSG, Die Roten Bullen bakal bertemu pemenang semifinal lain yakni Lyon dan Bayern Muenchen yang baru bertanding sehari kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper