Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ajax Amsterdam Ingin Kuasai Johan Cruijff Arena

Ajax Amsterdam, juara terbanyak Eredivisie Belanda, berencana menguasai saham terbesar Johan Cruijff Arena, stadion yang selama ini mereka gunakan sebagai markas dengan biaya sewa 10 juta euro setahun.
Johan Cruijff Arena/Telesport Voetbal
Johan Cruijff Arena/Telesport Voetbal

Bisnis.com, JAKARTA – Klub raksasa Belanda Ajax Amsterdam berharap bisa menjadi pemegang saham utama di Johan Cruijff Arena, menurut De Telegraaf yang dikutip Football Oranje pada Rabu (10/2/2021).

Saat ini Ajax membayar sekitar 10 juta euro (Rp170 miliar) setahun untuk menyewa stadion tersebut dan mereka hanya memiliki sedikit suara dalam operasiobal Johan Cruijff Arena.

Ajax sekarang ingin menjadi pemegang saham utama stadion di Amsterdam itu, yang akan diperbaiki untuk membantu mereka bergerak lebih dekat menjadi klub terbesar di Eropa.

Manajer Umum Ajax Edwin van der Sar, mantan penjaga gawang Timnas Belanda, mengatakan Ajax dapat menawarkan solusi untuk masalah keuangan dan operasional.

Hubungan antara Ajax dan manajemen stadion itu memburuk selama setahun terakhir dan mediator diperlukan untuk melanjutkan percakapan antara kedua pihak.

Ajax tidak senang dengan fakta bahwa uang dari katering masuk ke manajemen stadion itu dan bukan ke klub. Ajax juga tidak dapat menampilkan sponsor mereka sendiri pada hari pertandingan karena manajemen Arena memiliki sponsor sendiri.

Manajemen klub ibu kota itu ingin membeli stadion tersebut sehingga dapat menerapkan apa pun yang mereka inginkan untuk membantu klub dan tujuan keuangannya.

Ajax bersama PSV Eindhoven dan Feyenoord Rotterdammerupakan tiga kekuatan tradisional sepak bola Negeri Kincir Angin. Ajax juara 34 kali sejak Eredivisie digulirkan pertama kali pada 1888 atau 133 tahun silam dengan juara untuk pertama kalinya ketika itu adalah VV Concordia, yang sudah bubar pada Juni 1891. PSV juara 24 kali, sedangkan Feyenoord juara 15 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Oranje
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper