Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima Fakta Menarik Piala Menpora 2021, Dari Klub Peserta Sampai Stadion

Pemberian izin menggelar turnamen pramusim Piala Menpora ini menjadi kompetisi sepak bola pertama yang digelar sejak pandemi Covid-19.
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali /Antara
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyerahkan izin penyelenggaraan turnamen sepak bola pramusim Piala Menpora 2021 kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru, di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Izin untuk turnamen pemanasan Liga 1 dan Liga 2 itu diterima Kemenpora dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kamis kemarin. 
"Saya serahkan surat izin kepada Bapak Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan," kata Amali dalam acara tersebut.

Pemberian izin menggelar turnamen pramusim Piala Menpora ini menjadi kompetisi sepak bola pertama yang digelar sejak pandemi Covid-19. Sebelumnya, Liga 1 musim 2020 sudah dihentikan di tengah jalan.

Berikut ini 5 Fakta mengenai turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

1. Izin Polisi Sudah Turun

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) resmi memberikan izin keramaian untuk pelaksanaan turnamen pramusim sepak bola nasional Piala Menpora 2021. Kapolri menegaskan bahwa turnamen pramusim ini menjadi indikator untuk penerbitan izin Liga 1 dan Liga 2 musim 2021. Kapolri pun berharap turnamen pramusim, yang akan disebut sebagai Piala Menpora 2021, bisa hiburan bagi masyarakat yang sedang terkungkung pandemi COVID-19.

2. Bergulir 20 Maret-25 April

Piala Menpora rencananya bergulir 20 Maret-25 April. Waktu yang tersisa bakal digunakan oleh klub peserta untuk mengumpulkan kembali pemain. Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 akan diikuti 20 tim, yaitu 18 klub Liga 1 dan dua tim dari Liga 2.

3. Menggunakan Sistem Penyisihan Grup

Kompetisi akan melalui babak penyisihan grup. Penyelenggara menetapkan ada empat grup, di mana satu grup diisi lima tim. Setiap grup nantinya menjalankan semua pertandingan di wilayah yang sudah ditetapkan. Dari fase grup Piala Menpora ini, tim terbaik melangkah ke delapan besar, lalu semifinal dan final. Ada pula slot untuk perebutan tempat ketiga.

4. Memakai 4 Stadion

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Solo, Bandung, Sleman dan Malang. Namun, disiapkan pula tempat lain sebagai alternatif yakni Solo, Bandung, Malang dan Palembang. Bhayangkara Solo FC, Persib Bandung, PSS Sleman, dan Arema FC kemungkinan besar akan menjadi tuan rumah di fase tersebut. Palembang menjadi opsi kedua untuk menggantikan Sleman apabila tak bisa menjadi tuan rumah. Pemilihan lokasi tersebut didasarkan pada rekomendasi Polri yang menilai dari jumlah pasien Covid-19.

5. Terdapat Dua Opsi yang Disediakan Terkait Pembagian Grup

Dua opsi ini berdasarkan bahan presentasi yang dipaparkan oleh Ketua Umum PSSI ketika menjelaskan konsep turnamen Piala Menpora dalam Silahrurahmi Virtual Stakeholder Sepak Bola di Kantor Kemenpora, Kamis, 18 Feberuari 2021.

Berikut ini opsi grup turnamen Piala Menpora 2021:

Opsi 1:
Grup A (Solo): Bali United, PSM Makassar, Bhayangkara Solo FC, Persita, Persela.
Grub B (Bandung): Persib, Madura United, Borneo FC, Persik, Persebaya.
Grup C (Sleman): Persija, PS Sleman, Persipura, Persiraja PSMS.
Grup D (Malang): Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, PS Tira Persikabo, Sriwijaya FC.

Opsi 2:
Grup A (Solo): Persija, PSIS Semarang, Bhayangkara Solo FC, PS Tira Persikabo, Bali United.
Grup B (Malang): Arema FC, PS Sleman, Persipura, Persiraja, PSMS.
Grup C (Bandung): Persib, PSM Makassar, Borneo FC, Persik, Madura United.
Grup D (Palembang): Persebaya, Persela, Barito Putera, Persita, Sriwijaya FC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper