Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Euro 2020, Southgate Sebut Pemain Inggris Tetap Berlutut

Para pemain Timnas inggris akan terus berlutut menjelang pertandingan di Euro 2020 sebagai bentuk dukungan anti-rasial, kata pelatih Gareth Southgate.
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate/Reuters
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Inggris Inggris Gareth Southgate menegaskan komitmen timnya untuk melanjutkan kampanye anti-rasisme dalam putaran final Piala Eropa (Euro) 2020.

Bek kiri Luke Shaw pun menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya akan tetap berlutut sebelum sepak mula, meski gestur itu kembali disambut cemoohan sebagian kecil penonton saat mereka menghadapi Rumania dalam laga pemanasan di Stadion Riverside, Middlesbrough, pada Minggu (6/6/2021).

"Kami akan tetap melakukannya. Kami meyakini aksi itu dan tidak akan berhenti," kata Shaw pada Selasa (8/6/2021).

Gestur itu dipopulerkan oleh gerakan Black Lives Matter dan diadopsi menjadi rutinitas menjelang sepak mula semua pertandingan Liga Premier Inggris 2020–2021.

Meski demikian, sebagian suporter menilai gestur itu sudah kehilangan makna dan membuat sepak bola terlalu dipolitisasi. Cemoohan hanya terdengar sayup-sayup di antara tepuk tangan yang lebih menggema jelang sepak mula laga kontra Rumania.

Dalam surat terbuka kepada suporternya, Southgate menegaskan sudah merupakan kewajibannya untuk berinteraksi dengan masyarakat dan membantu pemahaman tentang isu rasial mendapat sorotan yang seharusnya.

"Saya tahu suara saya punya bobot, bukan karena siapa saya, tetapi jabatan yang saya duduki," tulis Southgate dalam laman The Players' Tribune. "Saya punya kewajiban ke masyarakat luas untuk menggunakan suara itu, seperti juga para pemain.”

"Para pemain kami adalah teladan. Dan lebih dari apa yang terlihat di atas lapangan, kami harus memahami dampaknya ke masyarakat. Kami harus memberi mereka kepercayaan diri untuk siap membela rekannya dan hal-hal yang penting bagi mereka sebagai manusia. Saya tidak pernah percaya bahwa kami cuma harus berkonsentrasi dengan sepak bola."

Dalam jumpa pers terpisah, Shaw mengatakan para pemain Timnas Inggris meyakini betapa pentingnya untuk terus mengulangi pernyataan itu. "Kami membicarakannya. Kami semua memang memilih melakukannya dan sepakat hal itu tepat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper