Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringkat Timnas Indonesia Naik Setelah Menang Lawan Timor Leste

Kemenangan tim nasional (timnas) Indonesia atas Timor Leste dalam laga uji coba memberikan efek kepada peringkat Squad Garuda di FIFA yang naik.
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020/PSSI
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA – Kemenangan tim nasional (timnas) Indonesia atas Timor Leste dalam laga uji coba memberikan efek kepada peringkat Squad Garuda di FIFA yang naik.

Dikutip melalui akun twitter @FootyRankings peringkat anak asuh dari pelatih asal Korea Selatan (Korsel) Shin Tae-yong saat ini berada di peringkat ke-160, di mana posisi tersebut menggusur Singapura yang turun dari posisi ke-160 menjadi posisi ke-161.

Sekadar informasi, squad Garuda menang 4-1 atas Timor Leste pada pertemuan pertama, Kamis (27/1/2022). Kemudian kembali menundukan mereka di leg kedua dengan hasir skor 3-0 pada, Minggu (30/1).

Adapun, mengutip laman resmi FIFA saat ini Timnas Indonesia masih menempati peringkat ke-164. Namun, hasil runner-up di Piala AFF 2020 dan dua kemenangan kontra Timor Leste membuat ranking Timnas Indonesia akan naik pesat.

Alhasil kemenangan tersebut, membuat total poin yang dikoleksi oleh pasukan Shin Tae-yong menjadi 1001,61 poin.

Poin tersebut diraih usai mendapatkan 7,65 poin dari dua kemenangan atas Timor Leste. Tentunya kenaikan peringkat itu menjadi sebuah kabar baik untuk Timnas Indonesia jelang menghadapi putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Selain itu, skuad Garuda pun kini menempati Pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023, di mana Timnas Indonesia awalnya masuk Pot 4, kini berada di Pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023.

“22 dari 24 tim babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 sudah menyegel pot mereka. Indonesia akan naik ke pot 3 jika dua kali menang atas Timor Leste. Singapura sendiri saat ini menjadi satu-satunya tim yang bisa tergeser dari pot 3,” tulis akun Twitter @FootyRankings, dikutip Selasa (1/2/2022).

Untuk diketahui, Pot 3 diisi Afghanistan, Yaman, Myanmar, Malaysia, Maladewa, dan terakhir Indonesia. Dengan pindah ke Pot 3, Timnas Indonesia meminimalisir bertemu dengan lawan-lawan berat dari Pot 1, Pot 2, dan Pot 3 pada fase grup kualifikasi Piala Asia.

Adapun Kualifikasi Piala Asia akan digelar pada 8—14 Juni 2022, di mana akan ada 6 grup (A-F) yang masing-masing berisi 4 tim untuk memperebutkan 11 tiket ke Piala Asia (6 juara grup dan 5 runner-up terbaik).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper