Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susul Jordi Amat dan Sandy Walsh, Shayne Pattynama Juga Akan ke Indonesia Urus Naturalisasi

Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Shayne Pattynama, akan menyusul Jordi Amat dan Sandy Walsh yang telah lebih dulu tiba di Tanah Air.
Shayne Pattynama, calon pemain naturalisasi timnas Indonesia / PSSI
Shayne Pattynama, calon pemain naturalisasi timnas Indonesia / PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Shayne Pattynama, akan menyusul Jordi Amat dan Sandy Walsh yang telah lebih dulu tiba di Tanah Air.

Dalam laman resminya, PSSI menyebut bahwa Shayne Pattynama akan tiba di Jakarta pekan depan untuk menjalani beberapa agenda terkait proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Shayne Pattynama digadang-gadang akan menjadi nama ketiga yang bakal dinaturalisasi untuk timnas Indonesia, setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

"Shayne sudah mengonfirmasi bahwa dia akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda naturalisasinya. PSSI akan mengawal proses ini hingga selesai,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, Selasa (24/5/2022).

Shayne Pattynama merupakan pesepak bola berkewarganegaraan Belanda. Ia menjadi salah satu pemain yang direkomendasikan oleh Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia, untuk memperkuat Tim Garuda.

Shayne akan menuntaskan agenda-agenda di Jakarta seperti mengunjungi Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, melakukan tes kesehatan, dan mengikuti wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara.

Apa yang dilakukan pria berusia 23 tahun tersebut sama dengan yang sudah dilalui oleh dua sosok lain yaitu Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Yunus Nusi menyebut bahwa pemerintah Indonesia memberikan bantuan maksimal agar naturalisasi ketiga pemain itu bisa segera tuntas.

"Pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkumham sangat membantu semua proses ini. Semoga semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bisa terpenuhi," tutur Yunus.

Seperti Jordi dan Sandy, Shayne merupakan pemain luar negeri keturunan Indonesia. Saat ini, dia bermain sebagai bek kiri untuk klub Liga Norwegia, Viking FK. Adapun Jordi dan Sandy merupakan pemain keturunan Indonesia yang merumput di Liga Belgia.

Jordi yang berpaspor Spanyol berseragam klub KAS Eupen, sementara Sandy yang masih berkewarganegaraan Belanda di KV Mechelen.

PSSI berharap naturalisasi mereka segera rampung agar bisa memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait pada Juni mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper