Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Skor Uruguay vs Korea Selatan, Susunan Pemain, Head to Head

Jadwal pertandingan Uruguay vs Korea Selatan dalam putaran pertama Grup H Piala Dunia 2022, Kamis. Ini prediksi skor Uruguay vs Korea Selatan.
Pemain andalan Timnas Korea Selatan Son Heung-min./Reuters-Suhaib Salem
Pemain andalan Timnas Korea Selatan Son Heung-min./Reuters-Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA - Jadwal pertandingan Uruguay vs Korea Selatan dalam putaran pertama Grup H Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Education City Stadium, Al-Rayyan, Qatar, pada Kamis (24/11/2022), mulai 20.00 WIB. 

Kapten Son Heung-min diharapkan bisa tampil saat Korea Selatan menghadapi pertandingan pertama di Piala Dunia Qatar, terlebih dua laga berikutnya mereka akan melawan tim tangguh lainnya Portugal dan Ghana. 

Uruguay adalah tim yang berpengalaman di turnamen bergengsi ini. Keberadaan penyerang Tottenham Hotspur itu tentu akan sangat berperanpenting. 

Namun, kondisinya masih terus dipantau menyusul cedera patah tulang sekitar mata kiri yang dia alami tiga pekan lalu. Saat latihan persiapan laga melawan Uruguay, Son berlatih dengan memakai topeng pelindung hitam seperti Zorro. 

"Kami harus memeriksa dan menganalisisnya setiap hari, biarkan dia datang," kata pelatih Korea Selatan, Paulo Bento, mengenai peluang Son tampil melawan Uruguay pada Kamis ini, dikutip dari Reuters.

"Kami masih punya waktu untuk membuat keputusan yang tepat dan terbaik bagi kami semua," kata dia menambahkan.

Son Heung-min sendiri ingin bermain melawan Uruguay. Tetapi dia juga tak mau mengambil risiko dengan terlalu memaksa diri untuk menghindari akibat fatal yang mungkin bisa merugikannya.

Di kubu lawan, Uruguay tidak menghadapi masalah pelik seperti itu. Dengan diperkuat skuad gabungan senior dan muda, mereka disebut-sebut bisa menjadi kuda hitam yang mungkin mengulang sukses dua kali juara dunia yang telah mereka rasakan.

Deretan pemain muda Uruguay tersebut, di antaranya rekrutan termahal Liverpool, Darwin Nunez, yang diperkirakan bakal dipasangkan di lini depan bersama striker gaek Luis Suarez yang menjadi tokoh utama di balik keberhasilan Uruguay menembus semifinal di Piala Dunia 2010.

Nunez berusia 23 tahun, lebih muda 12 tahun dari penyerang Suarez dan Edinson Cavani yang keduanya akan memainkan Piala Dunia kempatnya. Begitu pula dengan kapten dan pemain Uruguay paling sering membela timnas, Diego Godin.

Para pemain senior itu masih menjadi andalan Timnas Uruguay. Tetapi barisan pemain muda, dengan 13 di antaranya, adalah debutan Piala Dunia, yang sedang naik daun, seperti gelandang serba bisa Real Madrid Federico Valverde dan pemain Manchester United Facundo Pellistri, serta Rodrigo Bentancur yang sedang dalam performa terbaiknya di lini tengah.

Pelatih Diego Alonso menilai komposisi senior dan junior dalam timnya sebagai anugerah. Dia percaya Uruguay bisa kembali menjuarai Piala Dunia ini mengulang sukses pada 1930 dan 1950.

Di balik skuad yang begitu menjanjikan, Alonso memiliki celah yang bisa dieksploitasi Korea Selatan, yakni lini pertahanan mereka. Sampai laporan ini ditulis, Uruguay belum memastikan apakah bek Ronald Araujo yang merupakan pilar di lini belakang bisa dimainkan melawan Korea Selatan.

Uruguay juga mesti mewaspadai efek kemenangan Arab Saudi atas Argentina terhadap tim-tim Asia, seperti juga yang terjadi pada Jepang yang menumbangkan Jerman sehari kemudian.

Uruguay tercatat sudah 14 kali mencapai putaran final Piala Dunia, sedangkan Korea Selatan melakukannya 11 kali. Namun kedua tim tidak memiliki catatan bagus dalam pertandingan pembuka mereka.

Korea Selatan kalah atau imbang dalam pertandingan pertama pada dua Piala Dunia terakhirnya, sedangkan Uruguay gagal memenangkan pertandingan pembuka mereka dalam enam dari tujuh edisi terakhirnya.

Prediksi susunan pemain Uruguay vs Korsel:

Korea Selatan (4-3-3): Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Kim Jin-su; Jung Woo-Young, Hwang In-beom, Lee Jae-sung; Hwang Hee-chan, Son Heung-min, Hwang Ui-jo

Uruguay (4-3-3): Sergio Rochet; Guilermo Varela, Diego Godin, Jose Gimenez, Mathias Olivera; Rodrigo Bentancur, Matias Vecino, Federico Valverde; Giorgian De Arrascaeta, Luis Suarez, Darwin Nunez.

Skenario pertandingan Uruguay vs Korea Selatan

Jika Son Heung-min dalam kondisi baik, Bento dipastikan akan memasangkannya di lini depan dalam formasi 4-3-3 bersama Hwang Hee-chan dan Hwang Ui-jo. 

Namun Bento masih belum bisa memastikan apakah dia bisa menurunkan sejak awal gelandang serang Lee Kang-in yang menjadi jaminan bagi mereka dalam menyuntikkan kreativitas di lapangan tengah.

Lee Kang-in menjadi sangat penting. Selama ini Bento dikritik karena menerapkan gaya bermain yang agak keluar dari filosofi menekan dan ngotot yang selama ini diperlihatkan Korea Selatan.

Gaya yang pasif itu pula yang membuat Korea Selatan sering kehilangan kecepatannya dan tidak terlalu banyak menciptakan peluang.

Situasi ini harus diubah karena Uruguay yang akan mereka hadapi ini harus diredam tidak saja oleh barisan pertahanan yang solid dan sistem penguasaan bola yang mumpuni, namun juga harus lebih sering diteror yang membuat mereka terganggu dalam merancang serangan.

Lee menjadi jaminan untuk hadirnya teror kepada Uruguay itu, apalagi dia sejauh ini telah mempersembahkan lima gol kepada Mallorca di Liga Spanyol. Tetapi Lee mungkin tidak akan dimainkan dulu.

Yang pasti, menghadapi tim seagresif Uruguay, lini pertahanan yang solid adalah keniscayaan. Bento menempatkan bek Napoli Kim Min-jae sebagai pilar utama pertahanan Korea Selatan.

Kim akan berduet dengan Kim Young-gwon, dan keduanya akan diapit Kim Moon-hwan dan Kim Jin-su di kedua sayap, untuk memastikan kiper Kim Seung-gyu tidak terlalu direpotkan oleh agresi Uruguay.

Uruguay sendiri sudah pasti memasang Federico Valverde, gelandang agresif dan kreatif, yang tengah cemerlang bersama Real Madrid. Dia akan menjadi penguasa utama lapangan tengah dalam laga melawan Korea Selatan itu, bersama dengan Matias Vecino dan Rodrigo Bentancur yang bakal aktif membantu tim serang Uruguay.

Di sepertiga terakhir lapangan itu, Uruguay akan memasang duet tua-muda Luis Suarez dan Darwin Nunez, serta satu lagi pendamping di sayap yang kemungkinan diisi oleh gelandang serang Giorgian de Arrascaeta.

Uruguay tidak begitu masalah dalam dua pertiga terakhir lapangan, karena begitu banyak stok yang bisa digunakan. Namun mereka memiliki kekhawatiran di lini pertahanan, terutama oleh kemungkinan belum bisa menurunkan bek Barcelona Ronald Araujo.

Untuk itu, Uruguay akan mengandalkan kembali bek senior Diego Godin yang bakal membangun pilar kembar bersama Jose Maria Gimenez yang dalam dua Piala Dunia terakhir memang selalu bermitra. Mereka akan diapit Guilermo Varela dan Mathias Olivera di kedua sayap pertahanan Uruguay.

Di posisi penjaga gawang, Sergio Rochet menjadi pilihan reguler manajer timnas, Diego Alonso.

Statistik penting Uruguay vs Korea Selatan 

Sebelum pertemuan di Grup H Piala Dunai ini, kedua tim sudah delapan kali bertemu dengan catatan Uruguay menang enam kali, termasuk dua kali di Piala Dunia 1990 dan 2010. Korea hanya menang satu kali dalam pertemuan terakhir dengan Uruguay dalam pertandingan persahabatan pada 2018.

Bagi Uruguay yang menjadi juara Piala Dunia 1930 dan 1950, Piala Dunia Qatar adalah putaran final Piala Dunia yang ke-14.

Uruguay selalu berhasil masuk fase gugur dalam tiga penampilan terakhirnya setelah tak berhasil pada 2006 dan mencapai perempat final di Rusia empat tahun lalu.

Korea Selatan yang tampil di putaran final Piala Dunia kesepuluh kali berturut-turuta dan total yang kesebelasnya, gagal melewati fase grup dalam dua edisi terakhir turnamen ini.

Penampilan terbaik Korea Selatan dalam Piala Dunia adalah mencapai semifinal edisi 2002 untuk kemudian takluk kepada Jerman.

Uruguay tak berhasil memenangkan pertandingan pembukanya dalam enam dari tujuh penampilan Piala Dunia terakhirnya, tetapi memenangkan semua dari tiga pertandingan fase grupnya di Rusia pada 2018 tanpa kebobolan satu gol pun.

Korea Selatan tak pernah memenangkan pertandingan pembukanya dalam dua edisi terakhir Piala Dunia dan memenangkan dua dari sembilan pertandingan Piala Dunia terakhirnya, termasuk saat menumbangkan Jerman yang saat itu juara bertahan dengan 2-0 pada 2018. 

Prediksi Skor Uruguay vs Korea Selatan

Uruguay yang diperkuat deretan pemain bintang akan menghadapi ujian dari perlawanan ngotot Korea Selatan. Jika Son Heung-min bisa dimainkan, tentu akan menambah daya gedor di lini depan tim Asia Timur ini.

Melihat catatan kemenangan Arab Saudi atas Argentina dan Jepang mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2022 ini, tidak akan mengejutkan jika Korea Selatan mengalahkan Uruguay yang menjadi salah satu favorit juara.

Prediksi Skor Uruguay vs Korea Selatan: 2-1

Prediksi Skor Uruguay vs Korea Selatan: 1-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper