Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Video Suporter Jepang Bersih-Bersih Stadion Saat Piala Dunia

Penonton Jepang menjadi viral di media sosial setelah video mereka membersihkan stadion usai laga piala dunia 2022
Suporter Timnas Jepang di Piala Dunia 2022/FIFA
Suporter Timnas Jepang di Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Di media sosial beredar video suporter asal Jepang yang ramai-ramai membersihkan sisa-sisa bungkus makanan dan botol minuman di kursi penonton stadion pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Bukan hanya suporter, para pemain dan staf timnas Jepang juga meninggalkan ruang ganti dengan keadaan yang bersih. Selain itu, di ruang ganti tersebut juga ditinggalkan hadiah origami berbentuk burung dan tulisan terima kasih dalam Bahasa Arab dan Jepang.

Unggahan-unggahan tersebut kemudian mendapat perhatian dari warganet, banyak diantaranya yang kagum dengan kebiasaan orang Jepang tersebut, meskipun ada juga yang mengomentari hal tersebut sebagai cara menarik simpati dunia dalam ajang ini. 

Namun, negara Jepang memang terkenal dengan rakyatnya yang disiplin dan sangat memperhatikan kebersihan. Tidak heran jika negeri sakura ini menduduki peringkat pertama negara terbersih se-Asia.

Mengutip laman Letsfindnow, berdasarkan Environmental Performance Index (EPI) 2022, Jepang merupakan negara terbersih di Asia. Skor yang diperoleh Jepang adalah 57,20 dari total 100. Sementara, negara-negara lain di Asia hanya memperoleh skor 50,72.

Hal ini ditentukan setelah menimbang beberapa hal, Jepang unggul dalam kualitas udara, sanitasi udara, pengelolaan limbah, kawasan hutan serta konservasi hayati. Bahkan Jepang telah berjanji untuk menetralkan karbon pada tahun 2050 mendatang.

Meskipun EPI 2022 memuat, Jepang tidak termasuk 10 negara terbersih di dunia, negara ini menjadi wakil Asia dengan peringkat ke 12 setelah Belanda.

Setelah Jepang, negara terbersih kedua di Asia adalah Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 52,40 dari 100. Negara ini berkomitmen akan mengurangi jejak karbon sebesar 30 persen pada tahun 2030 mendatang. Keunggulan UEA yang lain adalah berinvestasi dalam energi terbarukan, menerapkan standar emisi yang lebih ketat, dan meningkatkan tingkat daur ulang.

Kemudian Singapura dengan skor 50,90 dari 100, negara ini unggul dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas udara, melindungi sumber daya udara, dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan.

Setelah itu, peringkat keempat diduduki oleh Korea Selatan, dengan skor 46,90 dari 100. Korea Selatan telah meningkatkan kinerja lingkungan, mengurangi emisi gas rumah kaca serta polutan lainnya, dan meningkatkan praktik pengelolaan limbahnya. 

Terakhir, negara terbersih di Asia menurut EPI 2022 adalah Brunei Darussalam. Negara ini unggul dalam kualitas udara yang baik, tingkat polusi udara yang rendah, serta kesehatan lingkungan yang bagus. Brunei juga memiliki jejak karbon yang relatif rendah, berinvestasi dalam teknologi hijau serta mempromosikan praktik ramah lingkungan di antara warganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper