Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kroasia Perpanjang Catatan Manis Tak Pernah Kalah Adu Penalti di Piala Dunia

Kemenangan atas Jepang membuat Kroasia memperpanjang catatan manis tak pernah kalah dalam adu penalti selama piala dunia.
Para pemain Kroasia /UEFA.com
Para pemain Kroasia /UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kroasia berhasil mengalahkan Jepang lewat adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kemenangan itu membuat Kroasia memperpanjang catatan manis tak pernah kalah dalam adu penalti selama piala dunia.

Pada pertandingan yang berlangsung di Al Janoub Stadium pada Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB itu, Kroasia sebenarnya tertinggal lebih dulu melalui gol Daizen Maeda pada menit ke 43. Namun, pada babak kedua Kroasia menyamakan kedudukan melalui gol Ivan Perisic.

Skor 1-1 bertahan hingga dua kali perpanjangan waktu. Pertandingan pun terpaksa harus diakhiri dengan adu penalti.

Kiper Kroasia Dominik Livakovic tampil apik dalam drama adu penalti itu. Ia berhasil menahan 3 dari 4 penendang Jepang yakni Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida. Hanya tendangan Takuma Asano saja yang berhasil masuk ke gawang Kroasia.

Di sisi lain, Kroasia mengemas 3 gol di babak adu penalti. Tendangan dari Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic, dan Mario Pasalic gagal dihalau oleh Shuichi Gonda.

Melalui kemenangan adu penalti melawan Jepang, tim berjuluk Vatreni ini berhasil memperpanjang rekor tak pernah kalah selama adu penalti di piala dunia. Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Kroasia bahkan mengalami 2 kali adu penalti.

Pada babak 16 besar melawan Denmark, Kroasia bermain imbang 1-1 hingga terpaksa pemenangnya mesti ditentukan lewat adu penalti. Kiper Kroasia saat itu Danijel Subašić tampil apik. Ia berhasil menahan 3 tendangan penalti Denmark. Kroasia pun menyingkirkan Denmark di ajang Piala Dunia 2018.

Pada perempat final, Kroasia bertemu dengan tuan rumah Rusia. Skor 2-2 juga bertahan hingga 2 kali perpanjangan waktu. Pada adu penalti itu, Danijel Subašić kembali tampil apik. Ia berhasil menahan 2 tendangan dari 5 penendang Rusia. Tuan rumah pun tersingkir.

Selain memperpanjang catatan tak pernah terkalahkan selama adu penalti, Kroasia juga mencatatkan rekor individual untuk kiper mereka Dominik Livakovic saat mengalahkan Jepang. Livakovic mencatatkan diri sebagai kiper dengan penyelamatan terbanyak dalam drama adu penalti di ajang piala dunia.

Catatan 3 penyelamatan itu menyamai rekor kiper Portugal Ricardo saat adu penalti melawan Inggris, dan kiper Kroasia lainnya Danijel Subašić yang sama-sama menahan 3 tendangan kala menghadapi Denmark.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengatakan bahwa dirinya sudah tahu Livakovic akan menjadi pahlawan adu penalti. “Kami memiliki kiper yang fantastis. Hari ini dia hebat, dia menyelamatkan setiap penalti dengan cara yang sangat kuat dan stabil," katanya dikutip dari Daily Mail pada Selasa (6/12/2022).

Dalic sendiri memberikan perhatian agar skuat asuhannya menyiapkan latihan adu penalti sebelum menghadapi Jepang. "Kami berlatih penalti dalam latihan kemarin dan dia [Livakovic] melakukan beberapa penyelamatan. Ketika dia melakukan adu penalti hari ini saya yakin, kemarin dia memasang kepercayaan diri," ungkap Dalic.

Setelah menghempaskan Jepang di babak 16 besar, Kroasia akan menghadapi lawan tangguh, Brasil di babak perempat final. Kroasia sendiri berupaya mengukir kembali kenangan manis mereka pada 4 tahun lalu setelah berhasil menjadi runner-up Piala Dunia 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper