Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMPOR BERAS: Kemendag Tunjuk 13 Importir Produsen

Kementerian Perdagangan menerbitkan persetujuan importir produsen (IP) bagi 13 perusahaan untuk jenis beras pecah 100% dan beras ketan pecah 100%.

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perdagangan menerbitkan persetujuan importir produsen (IP) bagi 13 perusahaan untuk jenis beras pecah 100% dan beras ketan pecah 100%.

"Untuk industri kurang lebih sebanyak 140 ribu ton, IP untuk 13 perusahaan," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Bachrul Chairi, kutip Antara, Jumat (13/6/2014).

Secara total persetujuan impor yang diberikan kepada 13 perusahaan tersebut sebesar 148.773 ton, terbagi atas 110.568 ton beras pecah 100% untuk 9 perusahaan dan 38.025 ton beras ketan pecah 100% untuk 4 perusahaan.

"Sementara untuk importir terdaftar (IT) sudah diterbitkan untuk 71 perusahaan," ujar Bachrul.

Kementerian Perdagangan sampai 12 Juni 2014 telah menerbitkan IT Beras untuk keperluan tertentu kepada 71 perusahaan, namun, untuk persetujuan impor masih belum diterbitkan dikarenakan masih harus menunggu rekomendasi dari Kementerian Pertanian.

"Kita masih menunggu rekomendasi dari Kementan untuk jumlahnya," kata Bachrul.

Kemendag telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 19/M-DAG/PER/3/2014 Tentang Ketentuan Ekspor dan Impor.

Dalam ketentuan tersebut, impor dilakukan untuk keperluan tertentu dan bisa dilakukan dengan ketentuan yang terkait dengan kesehatan (dietary) dan konsumsi khusus atau segmen tertentu, serta beras yang bersumber dari hibah.

Impor beras untuk keperluan kesehatan dan konsumsi khusus hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang telah mendapatkan penetapan sebagai importir terdaftar (IT) beras.

Sedangkan impor beras untuk keperluan tertentu guna memenuhi kebutuhan industri sebagai bahan baku atau penolong yang tidak atau belum sepenuhnya dihasilkan di dalam negeri, dapat dilakukan oleh perusahaan yang telah mendapatkan pengakuan sebagai importir produsen (IP) Beras dengan memperhatikan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian.

Jenis beras yang dapat diimpor meliputi beras dengan tingkat kepecahan paling tinggi 25%, beras pecah dengan tingkat kepecahan 100 persen, dan beras ketan pecah dengan tingkat kepecahan 100%.

Selain itu, beras Japonica dengan tingkat kepecahan paling tinggi 5 persen, beras ketan utuh dan beras Thai Hom Mali dengan tingkat kepecahan paling tinggi 5% serta beras kukus dan beras Basmati dengan tingkat kepecahan paling tinggi 5%.

IT Beras yang akan melakukan impor beras, tambah Bachrul, harus mendapatkan persetujuan impor dari Kemendag dengan memperhatikan rekomendasi dari Kementerian Pertanian.

Setelah memperoleh persetujuan impor, IT Beras wajib merealisasikan impor beras paling sedikit 80 persen dari persetujuan impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper