Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TENSI PERANG DAGANG: AS Kenakan Tarif Impor Baja, Meksiko Dikabarkan Siap Membalas

Pemerintah Meksiko kabarnya akan mengenakan tarif impor sebesar 20% persen untuk daging babi yang berasal dari Amerika Serikat
Anak babi di peternakan Granjas Carrol de Mexico (GCM), di Cuyoaco, negara Puebla, Meksiko./.Reuters-Edgard Garrido / File Photo
Anak babi di peternakan Granjas Carrol de Mexico (GCM), di Cuyoaco, negara Puebla, Meksiko./.Reuters-Edgard Garrido / File Photo

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah Meksiko  kabarnya akan mengenakan tarif impor sebesar 20% persen untuk daging babi yang berasal dari Amerika Serikat.

Dua pejabat di sektor terkait yang ada di Meksiko mengemukakan rencana tersebut kepada Reuters seperti dikutip Selasa (5/6/2018).

Jika terealisasi berarti kebijakan pengenaan tarif tersebut merupakan tindakan pembalasan pertama dari negara itu terhadap pengenaan tarif  pemerintah AS atas baja dan aluminium.

Seperti diketahui pekan lalu, Meksiko mengatakan rencananya mengenakan tarif pembalasan dan ditujukan untuk kaki dan bahu babi yang dikirimkan dari pemasok AS, yang dalam setahunnya bisa mencapai nilai US$1,07 miliar.

"(Bakal ada pengenaan tarif impor sebesar) 20% untuk kaki dan bahu (babi, baik daging), segar maupun beku. Dengan atau tanpa tulang," kata Heriberto Hernandez, ketua asosiasi produsen babi terkemuka Meksiko OPORPA, setelah melakukan pembahasan pada Senin dengan Menteri Ekonomi  Meksiko Ildefonso Guajardo dan timnya.

Pejabat Pemerintah Meksiko memang belum memberikan rincian tingkat tarif, dan belum bersedia memberikan komentarnya terkait pengenaan tarif daging babi.

Hernandez mengatakan dia mendukung keputusan pemerintah Meksiko, dan berharap kebijakan tersebut tidak menyebabkan harga daging babi di Meksiko meningkat, karena ada banyak alternatif untuk pemasoknya, seperti dari Kanada atau Uni Eropa.

Seperti diketahui, Pemerintah AS minggu lalu memberlakukan tarif baja dan aluminium pada eksportir Meksiko, dengan alasan bahwa sejumlah negara termasuk Meksiko terlibat dalam persaingan yang merusak keamanan nasional AS.

Keputusan AS untuk meneruskan rencananya untuk mengenakan  tarif baja dan aluminium telah mempersulit pembicaraan dengan Meksiko dan Kanada untuk melakukan perundingan perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara (NAFTA).

Dikabarkan soal tarif daging bagi bagi pemasok dari AS baru akan dipublikasikan pada hari Selasa di laman resmi Meksiko, dan akan berlaku pada hari Rabu.

Tahun lalu, Meksiko mengimpor hampir 650.000 ton kaki dan bahu babi dari AS senilai sekitar US$1,07 miliar. Impor daging babi Meksiko secara keseluruhan pada tahun 2017 berjumlah sekitar 840.000 ton.

Kaki dan bahu babi tidak begitu dihargai di Amerika Serikat, konsumen di Negeri Paman Sam lebih suka bagian tulang rusuk dan bacon.

Sementara di Meksiko membutuhkannya untuk membuat beberapa hidangan paling populer di negara itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper