Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suryacipta Karawang Gunakan Pengolahan Limbah Modern

PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), melalui anak usaha PT Suryacipta Swadaya, pengelola Kawasan Industri Suryacipta Karawang, meresmikan operasional fasilitas Waste Water Treatment Plant (WWTP) Organica Suryacipta.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), melalui anak usaha PT Suryacipta Swadaya, pengelola Kawasan Industri Suryacipta Karawang, meresmikan operasional fasilitas Waste Water Treatment Plant (WWTP) Organica Suryacipta.

Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk Johannes Suriadjaja mengatakan sistem pengolahan air limbah modern berkapasitas 5.000 m3/hari tersebut, akan mengolah limbah seluruh pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta Karawang.

“Keberadaan fasilitas WWTP dengan fasilitas pendukungnya merupakan bentuk komitmen kami sebagai bagian SSIA untuk mewujudkan kawasan industri yang sehat dan menerapkan prinsip green/ramah lingkungan dalam setiap kegiatan bisnisnya,” papar Johannes, dikutip dari keterangan resmi pada Selasa (13/11/2018).

Dia menjelaskan pembangunan WWTP sudah dimulai sejak September 2016 dengan menggandeng perusahaan WWTP ternama asal Hungaria, Organica Technologies.

Organica Technologies merupakan perusahaan Waste Water Treatment yang berdiri sejak tahun 1998 dengan  proyek yang tersebar di Prancis, Hungaria, China, dan Indonesia serta merupakan market leader WWTP dalam hal teknologi Fixed-Bed Biofilm Activated Sludge (FBAS).

Dia mengatakan pembangunan dilakukan di atas lahan seluas lebih dari 3 hektare dengan nilai investasi sebesar RP68 miliar.

Gedung operasional WWTP Organica Suryacipta juga menerapkan prinsip green dengan menggunakan green electricity yaitu memanfaatkan energi matahari berupa solar panel yang diparalelkan dengan listrik yang dipasok oleh PLN.

Kapasitas listrik solar panel terpasang sebesar 20 KVA dari total pemakaian listrik sebesar 197 kVA.

"Kapasitas WWTP terpasang tersebut diperuntukkan mengolah air limbah yang dihasilkan para tenant di Kawasan Industri Suryacipta yang berdiri di lahan seluas kurang lebih 1.400 hektar tersebut," jelas Johannes.

Dia memaparkan sistem pengolahan WWTP tersebut yaitu proses pengolahan air limbah yang berasal dari tenant menggunakan akar tanaman, di mana akar tanaman tersebut berfungsi sebagai tempat berkembangbiaknya mikro organisme yang akan menguraikan air limbah.

Dia mengatakan teknologi pengolahan air limbah yang diterapkan di WWTP Organica Suryacipta merupakan teknologi terbaru yang diterapkan di Indonesia.

Selain itu, pembangunan fasilitas ini juga merupakan wujud partisipasi aktif perseroan dalam mendukung program Citarum Harum yang diinisiasi Pemerintah untuk mengurangi pencemaran di sungai Citarum.

“Dengan adanya WWTP ini, kami berharap dapat membantu Pemerintah menekan tingkat pencemaran di Sungai Citarum sekaligus dapat menginspirasi masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan khususnya Sungai Citarum sehingga membawa manfaat bagi orang banyak,” tambah Johannes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper