Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tren Rumah Milenial: Furnitur dan Arsitektur Wajib Simpel dan Multifungsi

Banyak kaum muda milenial saat ini yang tengah mencari hunian. Tak seperti zaman dulu, kini milenial akan cenderung memilih produk furnitur yang simpel dan estetik tanpa perlu mementingkan kualitas dan ketahanan barang.
Furniture Fabelio/dokumentasi
Furniture Fabelio/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak kaum muda milenial saat ini yang tengah mencari hunian. Tak seperti zaman dulu, kini milenial akan cenderung memilih produk furnitur yang simpel dan estetik tanpa perlu mementingkan kualitas dan ketahanan barang.

Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta Nuarista Edi Nugraha mengatakan bahwa tren interior rumah kelompok milenial adalah yang ringkas dan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

“Perabotan yang ada harus instan, bedanya dengan zaman dulu untuk sofa harus awet, harus bahan kayu jati solid, sekarang beda, mereka bisa tiba-tiba beli sofa, hanya untuk hiburan karena cantik, sofa lama karena bosan dijual mudah setengah harga lewat aplikasi dagang elektronik,” ungkapnya dalam konferensi pers Homedec di Jakarta, Rabu (23/1).

Adapun, pengaruh dari era industrialisasi 4.0, segala sesuatunya sekarang bisa instan dan langsung. Jika dulu mau beli perabotan harus jalan ke toko, sekarang tinggal cari secara dalam jaringan (daring). Hal paling penting sekarang adalah memanfaatkan kemudahan yang ada.

Lagi, lain dulu lain sekarang, pemilihan cat saja berbeda. Jika dulu orang mencari yang tahan lama, tidak mudah mengelupas, dan warnanya bisa cocok untuk waktu yang lama. Sekarang memilih cat tinggal sesuaikan dengan mood.

“Ganti cat rumah sekarang semudah berdasarkan color trend, tidak perlu sampai ngelupas. Jadi agak berbeda. Tentu harus mengikuti gaya hidup sesuai dengan aktivitas mereka,” tambahnya.

Hal yang perlu diperhatikan saat ini adalah bagaimana memberikan edukasi bagi para milenial agar membeli barang sesuai dengan manfaat, yang bisa digunakan dalam jangka panjang karena banyak kaum muda saat ini membeli barang karena unik saja tanpa memikirkan fungsi.

“Beli furnitur yang penting mata terbelalak, estetis, pengaruhnya apa ke belakang mah ngga masalah. Tidak dipikirkan selain untuk memperindah ruangan tapi juga harus menopang untuk kesehatan dan kenyamanan,” imbuh Rohadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper