Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Perkembangan Pelapak, Bukalapak Gelar Ranger Camp Nusantara

Sebagai bentuk apresiasi sekaligus pengembangan para pelapak, Bukalapak menggelar Ranger Camp Nusantara 2019 di kawasan Sentul, Jawa Barat.
Logo Bukalapak
Logo Bukalapak

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebagai bentuk apresiasi sekaligus pengembangan para pelapak, Bukalapak menggelar Ranger Camp Nusantara 2019 di kawasan Sentul, Jawa Barat.

Acara ini diperuntukkan bagi para Ranger alias Koordinator Lapangan Bukalapak di daerah sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi mereka sekaligus sarana pengembangan kapabilitas sebagai pengusaha.

Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri mengatakan para Ranger Komunitas Bukalapak di berbagai daerah ini merupakan perpanjangan tangan dalam mendorong pertumbuhan pelapak-pelapak di seluruh Indonesia.

"Walaupun di tengah kesibukan mereka berwirausaha, tapi dedikasi mereka untuk turut memajukan pelapak di daerahnya, baik mendorong mereka untuk go online maupun berbagi bagaimana mengelola bisnis, sangat patut diapresiasi. Untuk itu, acara Ranger Camp ini diadakan," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (18/3/2018).

Acara ini berlangsung pada 15-17 Maret 2019 dan dihadiri oleh 100 Ranger dari seluruh Indonesia. 

Kegiatan Ranger Camp mencakup pengembangan kapasitas diri sebagai pemimpin, pengembangan ide bisnis, pengembangan kolaborasi dalam komunitas,  serta mendorong terbentuknya opinion leader baru. Komunitas-komunitas Bukalapak di seluruh Indonesia diharapkan semakin kompak dan loyal karena dipimpin oleh Ranger yang memiliki kredibilitas terbaik.

Melalui Ranger Camp, Bukalapak turut mencetak opinion leader baru, seperti Edy Suryo yang merupakan pelapak di Blitar. Dulunya, dia bekerja di tempat pencucian mobil selama 3 tahun.

Setelah bergabung ke Komunitas Bukalapak dan menjadi Ranger, kini Edy berhasil menjadi pengusaha sukses dengan omzet mencapai lebih dari Rp75 juta per bulan. Dia juga semakin aktif berkontribusi di berbagai kegiatan seperti seminar tentang bisnis online dan memberikan inspirasi bagi usaha-usaha kecil di sekitarnya untuk turut berkembang.

Pada 2016, Komunitas Bukalapak hanya ada di lima kota. Namun, pada 2019, sudah tersebar di 142 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dengan jumlah anggota mencapai lebih dari 30.000 orang.

Per akhir 2018, ada lebih dari 1.000 kegiatan yang melibatkan para Ranger dan Komunitas Bukalapak di seluruh Indonesia, seperti Kopdar, Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK), program kemitraan,  dan workshop. Bukalapak berharap Komunitas Bukalapak dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper