Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia : Industri Pengolahan Masih Ekspansif Terutama Kertas, Tembakau & Makanan

Bank Indonesia mengklaim kinerja sektor industri pengolahan pada kuartal I/2019 berada pada level ekspansi.
Pabrik kertas/Istimewa
Pabrik kertas/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia mengklaim kinerja sektor industri pengolahan pada kuartal I/2019 berada pada level ekspansi.

Direktur Eksekutif Departmen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengungkapkan hal itu terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) - BI sebesar 52,65% dan hasil SKDU kuartal I/2019 untuk kegiatan usaha sektor industri pengolahan yang terindikasi meningkat dengan SBT (saldo bersih tertimbang) sebesar 1,00%.

"Peningkatan kinerja industri pengolahan didorong oleh kenaikan volume pesanan sejalan dengan peningkatan permintaan domestik, termasuk persiapan Ramadan dan Idulfitri 2019," kata Onny, Kamis (11/04/2019).

Berdasarkan subsektor, ekspansi kinerja industri pengolahan terutama terjadi pada subsektor industri kertas & barang cetakan dan industri makanan, minuman & tembakau.

Pada kuartal II/2019, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan diprakirakan terus berlanjut.

"Ini terindikasi dari PMI-BI yang berada pada fase ekspansi dengan indeks yang meningkat menjadi sebesar 53,21% peningkatan ini terutama didorong oleh kenaikan volume produksi dan volume persediaan barang," ujar Onny.

Perkembangan kinerja sektor Industri Pengolahan sebagaimana diindikasikan oleh PMI-BI tersebut juga sejalan dengan perkembangan Nikkei Indonesia Purchasing Managers Index (PMI) yang mengindikasikan kinerja sektor industri pengolahan Indonesia pada kuartal I/2019 berada pada level ekspansi. Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh rata-rata Nikkei Indonesia PMI kuartal I/2019 (Januari - Maret) sebesar 50,40%.

Menurut BI, ekspansi tersebut juga tercermin pada SBT kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan pada kuartal II/2019 yang meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Perkembangan kinerja sektor industri pengolahan ini sejalan dengan pertumbuhan kegiatan usaha industri pengolahan kuartal II/2019 yang meningkat dengan SBT sebesar 3,73%, naik dari 1,00% pada kuartal sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper