Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serang Selesaikan Pembangunan 33 Rumah Terdampak Tsunami

Pemkab Serang masih punya pekerjaan untuk menyediakan warung yang rusak akibat tsunami, tetapi saat ini belum ada warga yang mau meminjamkan lahannya untuk dibangun sentra warung bagi warga yang terdampak tsunami.
Warga beraktivitas di dekat pantai Taman Carita Seapark, Anyer Carita, Banten./ANTARA-Muhammad Adimaja
Warga beraktivitas di dekat pantai Taman Carita Seapark, Anyer Carita, Banten./ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, SERANG--Pemerintah Kabupaten Serang, Banten bersama Kodim 0623/Cilegon selesai membangun sebanyak 33 unit rumah dan enam rumah direhabilitasi di Kecamatan Anyer dan Cinangka yang rusak akibat bencana tsunami Selat Sunda akhir Desember 2018.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Serang, Rabu, mengatakan masalah rumah yang rusak atau ambruk akibat bencana tsunami beberapa waktu lalu telah selesai dibangun kembali.

"Tugas kami menyelesaikan rumah yang rusak atau tersapu tsunami telah selesai, sebanyak 33 rumah selesai diperbaiki dan enam rumah direhab," kata Tatu usai meresmikan pembangunan rumah terdampak tsunami di Kecamatan Cinangka, Rabu (15/5/2019).

Menurut Tatu, Pemkab Serang masih punya pekerjaan untuk menyediakan warung yang rusak akibat tsunami, tetapi saat ini belum ada warga yang mau meminjamkan lahannya untuk dibangun sentra warung bagi warga yang terdampak tsunami.

"Kami tidak boleh memfasilitasi atau membangun warung di dekat pantai, khawatir ada musibah lagi dan memang tidak diperbolehkan oleh pemerintah pusat. Sementara pemda tidak punya tanah di sekitar Pantai anyer dan Cinangka,” ujarnya.

Tatu mengatakan, Pemkab Serang tidak akan tinggal diam dan akan terus mencari solusi atas berbagai masalah akibat bencana tsunami Selat Sunda. "Kami masih mencari lahan untuk membangun warung warga yang rusak. InsyaAllah ada jalan terbaik," katanya.

Tatu meminta masyarakat untuk saling membantu terhadap warga korban terdampak, sebab tidak mungkin pemerintah daerah melakukan pembangunan tanpa bantuan dan kerja sama masyarkat.

Proses pembangunan rumah warga yang terdampak tsunami juga telah melibatkan aparat TNI dari Kodim Cilegon.

"Sebanyak 33 rumah selesai kita bangun kembali, meski di lahan yang berbeda, dan sebanyak 6 rumah tahap rehabilitasi sedang dikerjakan. Jika tidak ada aral melintang, sebelum Lebaran sudah selesai dibangun semua," kata Dandim 0623/Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait.

Rico juga mengapresiasi Pemkab Serang yang sigap dan cepat dalam mengatasi kesulitan masyarakay pasca-tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : a
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper