Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Milik SRIL Tenggelam di Perairan Makassar, Ini Kronologisnya

KM Mitra Sejahtera IX berjenis kapal kontainer milik PT SRIL berangkat dari Pelabuhan Surabaya menuju Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara dengan diawaki 15 orang dan membawa barang sebanyak 147 kontainer.
Ilustrasi kapal tenggelam/Antara
Ilustrasi kapal tenggelam/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Seluruh anak  buah kapal KM Mitra Sejahtera IX yang mengalami kecelakaan dan tenggelam di sekitar perairan Makassar pada 23  November 2019 berhasil diselamatkan dan dibawa ke Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.

KM Mitra Sejahtera IX berjenis kapal kontainer milik PT Samudera Raya Indo Line (SRIL) berangkat dari Pelabuhan Surabaya menuju  Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara dengan diawaki oleh anak buah kapal (ABK) sebanyak 15 orang dan membawa barang sebanyak 147 kontainer.

Di tengah pelayarannya, kapal mengalami kecelakaan tenggelam di sekitar perairan Makassar pada Sabtu (24/11/2019) pagi sekitar pukul 07.00 WIT.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Ahmad  menuturkan seluruh ABK dalam kejadian tersebut selamat.

Seluruh ABK KM Mitra Sejahtera IX berhasil diselamat oleh tiga unit kapal yang sedang berlayar di wilayah tersebut masing-masing KM Sinar Harapan 78 menyelamatkan 7 orang, KM Mentari Nusantara menyelamatkan 3 orang dan KM. Mutiara Indah sebanyak 5 orang.

"Seluruh ABK telah dibawa oleh KM. Sinar Harapan dan dijemput oleh Kapal Patroli milik KSU Makassar,  yakni KMP 350 dan sejak tadi malam sudah sampai di Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar," tuturnya, Minggu (24/11/2019).

Kronologis kejadian musibah sendiri terjadi pada 23 November 2019 sekitar pk. 07.00 WIT KM Sinar Harapan 78 menerima panggilan radio Channel 16 dari KM Mitra Sejahtera IX yang mengalami kebocoran dan kapal dalam keadaan miring.

KM Sinar Harapan 78 langsung bergerak mendekat ke lokasi kejadian dan menemukan beberapa muatan kontainer sudah mulai berjatuhan. Begitu juga dengan KM Mentari Nusantara dan KM. Mutiara Indah yang sedang berlayar di sekitar wilayah tersebut segera membantu melakukan pertolongan khususnya kepada para ABK yang sudah mengapung dengan menggunakan life jacket.

“Akibat kejadian ini kami menghimbau kepada seluruh kapal yang saat ini berlayar melalui perairan Makassar untuk berhati-hati karena adanya beberapa muatan container yang masih mengapung di sekitar perairan akibat tenggelamnya KM. Mitra Sejahtera IX", kata Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper