Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Listriki Desa di Riau dan NTB

Pembangunan infrastruktur kelistrikan ke daerah-daerah terpencil memiliki tantangan tersendiri, khususnya terkait dengan akses jalan untuk mencapai ke lokasi.
Proyek Listrik Desa/Istimewa
Proyek Listrik Desa/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PLN berhasil menyambungkan listrik di tujuh desa di Provinsi Riau pada Lebaran tahun ini serta melistriki rumah warga Dusun Punik, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Daru Tri Tjahjono mengatakan ketujuh desa tersebut yaitu Desa Batu Sasak di Kabupaten Kampar, Desa Teluk Merbau, Terusan Kempas, Hibrida Jaya, Hibrida Mulia dan Tanjung Simpang di Kabupaten Indragiri Hilir, serta Desa Pulau Topang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Hal ini menjadi kado Idulfitri dari PLN untuk masyarakat Riau, masyarakat dapat merayakan lebaran dengan nyalanya listrik,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (26/5/2020).

Untuk melistriki tujh desa ini, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) lebih dari 53,35 kilometer sirkit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) lebih dari 52,02 kms dan 24 unit gardu distribusi dengan jumlah Daya 1.525 kiloVolt Ampere (kVA).

Daru menjelaskan bahwa membangun infrastruktur kelistrikan ke daerah-daerah terpencil memiliki tantangan tersendiri, khususnya terkait akses jalan untuk mencapai ke lokasi.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Rudi Purnomoloka mengatakan untuk melistriki Dusun Punik, PLN membangun JTM sepanjang 9 kms, JTR sepanjang 1,097 kms, dan satu buah gardu kapasitas 160 kVA. Pembangunannya sendiri dimulai sejak bulan Mei 2019.

Akses jalan yang rusak, ditambah medan jalan berupa tanjakan dan turunan yang curam menjadikan tantangan tersendiri untuk melistriki dusun yang masyarakatnya mayoritas bermata pencaharian dari hasil perkebunan, khususnya kopi dan kemiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper