Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Berhemat Listrik di Rumah & Apartemen

Ini sejumlah tips untuk menghemat pengeluaran untuk biaya listrik di hunian rumah ataupun apartemen.
Ilustrasi petugas memeriksa meteran listrik./Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi petugas memeriksa meteran listrik./Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak anggota masyarakat mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak selama masa pandemi Covid-19.

Hal ini disebabkan selama pandemi aktivitas masyarakat banyak dilakukan di tempat tinggalnya, baik di rumah maupun apartemen mulai dari aktivitas sekolah, bekerja, dan aktivitas lainnya.

Direktur Opersional Inner City Management (ICM) Krisdiarto Adi Pranoto mengatakan agar tagihan listrik tidak terlalu membengkak, masyarakat sudah perlu lebih jeli dalam mengatur pemakaian perangkat elektronik. 

Mengatur pengeluaran ini menjadi sangat penting mengingat perekonomian tengah mengalami penurunan yang berdampak pada pendapatan masyarakat.

“Berkurangnya pendapatan menjadi alasan utama mengapapenting bagi kita untuk menekan pengeluaran, salah satunya dengan menghematpenggunaan listrik," ujarnya melalui keterangan tertulis Kamis (21/1/2021).

ICM merupakan sebagai perusahaan konsultan manajemen properti yang saat ini mengelola sekitar 46 site apartemen dan gedung di Jakarta serta kota-kota lain di Indonesia, membagikan cara hemat listrik bagi para penghuni apartemen-apartemen yang dikelola ICM khususnya dan juga untuk masyarakat dimana pun berada. 

SOP Manager ICM Hidayat menuturkan sebenarnya banyak cara bagi masyakakat terutama penghuni apartemen dalam melakukan penghematan listrik mulai dari mengganti lampu yang lebih hemat energi hingga mengurangipenggunaan perangkat elektronik berdaya listrik besar.

"Kuncinya adalah mengatur pemakaian listrik dengan bijak. Selain menghemat pengeluaran, hal ini juga bermanfaat baik pada lingkungan," ungkapnya.

Hidayat juga mengingatkan agar masyarakat lebih memerhatikan kabel-kabel tidak terpakai seperti televisi, charger ponsel,atau komputer untuk dicabut.

Selain membuat listrik mengalir percuma, hal ini juga berbahaya karena memicu korsleting listrik.

"Banyak cara yang dapat dilakukan, mulailah dari yang sederhana terlebih dahulu seperti mencabut perangkat yang tidak dipakai," tuturnya.

Adapun tips agar para penghuni apartemen dapat menggunakan listrik lebih bermanfaat antara lain:

1. Manfaatkan cahaya alami

Jangan biarkan lampu menyala seharian. Penghuni dapat mengganti cahaya lampu dengan cahaya alami dari sinar matahari yang masuk dari jendela apartemen maupun rumahnya. Pemanfaatan cahaya matahari dapat dilakukan hingga sore hari dalam membantu penghuni beraktivitas.

2. Gunakan lampu hemat energi

Untuk pencahayaan di malam hari, penghuni dapat menggunakan lampu LED yang mengonsumsi daya lebih kecil. Meskipun harganya relatif lebih mahal, namun lampu LED jauh lebih hemat energi, selain itu cahaya dari lampu LED juga lebih terang ketimbang lampu pijar biasa.

3. Cabut setop kontak yang tidak digunakan

Kebiasaan membiarkan steker yang sudah tidak digunakan tetap menancap di setop kontak adalah hal yang salah. Sekarang, biasakan untuk selalu mencabut steker dari setop kontak apabila sedang tidak dipakai. Hal ini juga sebagai cara untuk menghindari kerusakan pada perangkat elektronik yang kita miliki.

4.Kurangi penggunaan perangkat elektronik berdaya tinggi

Air concit, kulkas, dispenser, microwave, rice cooker, dan sebagainya memang dibutuhkan keberadaannya khususnya di unit apartemen. Namun, yang perlu penghuni perhatikan adalah memilih perangkat elektronik yang berdaya rendah untuk menghindari beban tarif listrik yang terlalu tinggi nantinya. Selain itu, selalu cek fungsi juga performa dari alat elektronik yang dimiliki.

Contohnya, AC yang tidak terawat semakin lama akan semakin menyedot listrik lebih lama, sehingga pemilik harus lebih memerhatikan fungsi dari alat tersebut apakah performanya masih baik atau harus waktunya diservis.

5. Manfaatkan ventilasi udara

Mematikan AC juga dapat menghemat listrik dan mengurangi dampak terjadinya pemanasan global. Solusinya, para penghuni bisa memanfaatkan sirkulasi udara yang alami dari ventilasi atau juga bisa membuka jendela balkon untuk membiarkan udara masuk ke ruangan. Tidak hanya itu, menggunakan kipas angin juga dapat menghemat listrik karena daya yang dibutuhkan sangatlah rendah jika dibandingkan dengan AC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper