Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BNI Salurkan KPR untuk MBR 47.000 Unit, Bidik Pekerja Muda

Bank BNI menggenjot penyaluran KPR untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Bank BUMN itu telah menyalurkan KPR untuk 47.000 debituir MBR.
Foto aerial kawasan perumahan subsidi di Citayam, Jawa Barat./Bisnis-Nurul Hidayat
Foto aerial kawasan perumahan subsidi di Citayam, Jawa Barat./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. memacu penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) bagi milenial pada 2021 karena besarnya potensi pasar kredit tersebut.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies menjelaskan kelompok pekerja muda mendominasi daftar pemohon KPR sebesar 60 persen pada 2020.

Potensi bisnis itu juga didukung banyak pengembang yang membuat proyek perumahan khusus milenial dengan desain khusus, harga terjangkau, dan skema pembayaran fleksibel.

Sampai dengan akhir 2020, lanjutnya, BNI telah membantu pemerintah dalam penyaluran rumah kepada MBR sebanyak 47.000 debitur dan akan terus bertambah pada 2021.

BNI, kata Corina, telah menyiapkan data internal, informasi pengembang, hingga demografi penduduk berdasarkan usia sebagai basis untuk menyasar potensi KPR di segmen milenial ini.

"Baik landed house maupun hunian vertikal, keduanya cocok dengan segmen milenial, tergantung kemampuan dan kebutuhannya. Segmen milenial lebih memilih ke primary market karena pertimbangan desain, harga terjangkau, lokasi dan kepraktisan," ujar Corina.

BNI Griya mencatat pertumbuhan positif KPR pada 2020 dengan nilai penyaluran hampir Rp9 triliun.

Komposisi terbesar di segmen debitur berpenghasilan tetap atau fixed income untuk pembelian di pasar primer.

Pada 2021, BNI tetap fokus pada segmen yang sama untuk pembelian rumah komersial dan subsidi di pasar primer.

Yang menarik, BNI siap menawarkan suku bunga mulai 4,74 persen per tahun, fixed satu tahun pertama, dengan opsi bayar bunga saja hingga dua tahun untuk memudahkan debitur mencicil KPR pada masa pandemi dan jangka waktu hingga 30 tahun.

Selain itu, aplikasi KPR dapat diajukan secara daring dengan eForm BNI Griya yang dapat diakses melalui laman BNI, BNI Mobile Banking atau ketik tautan http://bit.ly/eFormBNIGriya.

Saat ini, pengajuan BNI Griya melalui e-form sudah mencapai rata-rata di atas 2.000 aplikasi per bulan.

BNI juga tetap memberlakukan fasilitas persetujuan instan untuk pengembang top dan jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

"Pemberian kredit ini tentunya juga mempertimbangkan segmen yang relatif aman dan tidak terdampak pandemi, sehingga kualitas kredit tetap terjaga dengan baik," ujar Corina.

Corina menambahkan pada 2020, produk KPR BNI yaitu BNI Griya tumbuh di atas 4 persen yoy dan KPR subsidi meningkat di atas 50 persen.

BNI ikut berperan dalam mendukung program pemerintah di bidang penyediaan kebutuhan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan program penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

BNI mengadakan akad massal KPR Sejahtera BNI FLPP secara virtual dengan tujuan memberikan kemudahan bagi debitur MBR membeli hunian di tengah pandemi pada 2020.

Kemudahan yang diberikan berupa uang muka ringan, angsuran terjangkau, dan jangka waktu angsuran mencapai 20 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper