Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chatib Basri: Jika Bisnis Ingin Bertahan, Harus Transformasi Digital

Namun, transformasi digital tidak mudah dan tidak murah. Solusinya adalah kolaborasi dengan pihak yang memahami atau berpengalaman dengan pengelolaan digital.
Pengamat Ekonomi M. Chatib Basri./FB Sri Mulyani
Pengamat Ekonomi M. Chatib Basri./FB Sri Mulyani

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan menteri keuangan era SBY Chatib Basri mengungkapkan salah satu kunci agar bisnis bertahan di masa pandemi adalah transformasi digital.

"Namun, transformasi digital itu tidak mudah dan tidak murah," ujarnya dalam Webinar Meet The Expert Mandiri Sekuritas, Jumat (29/1/2021).

Oleh karena itu, dia mengungkapkan solusinya adalah kolaborasi dengan pihak yang memahami atau berpengalaman dengan pengelolaan digital.

Selain itu, dia menilai bisnis yang bisa bertahan adalah mereka yang bisa melakukan inovasi untuk melihat perubahan behaviour masyarakat.

Dia mencontohkan, restoran yang berada di dalam ruangan, bisa memindahkan area layananannya ke luar ruangan untuk menyiasati aturan jarak.

"Kalau di luar tidak ada jarak sehingga kapasitasnya bisa ditambah. Ini yang dilakukan di Eropa," kata Chatib.

Solusi lain, restoran bisa menyediakan private room. Pelanggan lebih nyaman karena tidak share dengan pelanggan yang lain.

Lebih lanjut, Chatib melihat ada kecenderungan pebisnis untuk beralih ke sektor kebutuhan primer, seperti makanan atau kuliner.

Dia menceritakan menjamurnya bisnis kuliner di saat pandemi mengingatkannya akan krisis 1998 ketika para artis beralih bisnis kuliner.

"Jadi di Jakarta itu ramai pada weekend atau malam dengan warung tenda, artis-artis pada jualan. Itu awal kuliner malam di Jakarta," ujarnya.

Dia mengakui, itu bisa dilakukan karena tidak ada pandemi. Sekarang ini, dia melihat polanya tetap sama, hanya saja penjualannya dilakukan secara online dengan menggunakan media sosial, Facebook dan Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper