Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akademisi: Vaksinasi Pengemudi Transportasi Picu Rasa Aman Pelanggan

Faktor pemicu rasa aman masyarakat yang bepergian adalah program vaksinasi pengemudi transportasi.
Walaupun sudah divaksin, tetap jaga protokol kesehatan. /Gojek
Walaupun sudah divaksin, tetap jaga protokol kesehatan. /Gojek

Bisnis.com, JAKARTA - Director of Center for Policy and Public Management, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) Yudo Anggoro menyebut program vaksinasi Covid-19 menjadi fokus banyak pihak.

Menurutnya, vaksinasi tidak hanya memberikan dampak baik bagi kesehatan, tetapi juga dapat meningkatkan rasa aman masyarakat yang dituntut untuk beraktivitas ke luar rumah.

"Terlebih di sektor transportasi, kami menemukan temuan bahwa faktor pemicu rasa aman masyarakat yang dituntut bepergian adalah program vaksinasi pengemudi transportasi," katanya, Selasa (15/6/2021).

Dia menuturkan, salah satu upaya kolektif yang dilakukan pemerintah adalah bekerja sama dengan pihak swasta agar terus memperluas program vaksinasi sesuai ranah dan industri masing-masing.

Adapun salah satu pihak swasta yang dimaksud adalah Gojek. Sejauh ini, penyedia layanan transportasi tersebut telah memiliki jangkauan wilayah vaksinasi mitra driver terluas di Indonesia yakni mencakup 29 kota dan kabupaten.

Chief Transport Officer Gojek Raditya Wibowo mengaku selama kurang dari empat bulan terakhir, Gojek terus mengoptimalkan pelaksanaan program vaksinasi agar mitra driver dan pelanggan semakin aman dan nyaman selama di perjalanan.

"Upaya maksimal Gojek dalam mendukung program vaksinasi pemerintah merupakan salah satu bentuk dari serangkaian #ProteksiEkstra yang Gojek hadirkan bagi seluruh ekosistemnya," sebutnya.

Adapun dia memerinci, beberapa inisiatif keamanan dan kebersihan yang telah Gojek sediakan sejak awal pandemi demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan antara lain, fitur ceklis protokol kesehatan dan selfie verifikasi masker di aplikasi mitra driver dan pengoperasian zona nyaman (titik tunggu atau pemesanan GoRide dan GoCar Instan yang dilengkapi protokol kesehatan ketat) di puluhan titik di lokasi strategis.

Kemudian penggunaan sekat pelindung di armada GoCar dan GoRide, pemasangan air purifier di ribuan armada GoCar di Jabodetabek, serta fitur status vaksinasi mitra driver di aplikasi Gojek versi terbaru.

“Inisiatif keamanan dan kebersihan akan terus menjadi prioritas Gojek demi semakin memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh ekosistem Gojek termasuk mitra driver dan pelanggan, serta masyarakat pada umumnya yang harus beraktivitas di luar rumah di tengah kondisi pandemi,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper