Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tegas! Xi Jinping Setujui Tindakan Keras terhadap Monopoli Bisnis hingga Polusi

Xi Jinping secara khusus menekankan pentingnya memperkuat peraturan antimonopoli, dorongan yang telah merugikan raksasa teknologi ratusan miliar dolar dalam nilai pasar selama setahun terakhir.
Presiden China Xi Jinping/Bloomberg
Presiden China Xi Jinping/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden China Xi Jinping memimpin pertemuan tingkat tinggi yang meninjau dan menyetujui langkah-langkah untuk memerangi monopoli, polusi, dan menopang cadangan strategis, semua bidang yang penting bagi dorongan pemerintahnya untuk meningkatkan kualitas hidup 1,4 miliar penduduk negara itu.

Beberapa detail dirilis tentang pedoman yang dibahas pada pertemuan komite pusat kemarin, untuk memperdalam reformasi keseluruhan, yang mencakup beberapa pemimpin paling kuat China dan memiliki kekuatan luas untuk membentuk kebijakan pemerintah.

Dilansir Bloomberg, Selasa (31/8/2021), Xi secara khusus menekankan pentingnya memperkuat peraturan antimonopoli, dorongan yang telah merugikan raksasa teknologi ratusan miliar dolar dalam nilai pasar selama setahun terakhir.

Xi mengatakan menerapkan peraturan tersebut ke dalam praktik adalah persyaratan intrinsik untuk meningkatkan sistem ekonomi pasar sosialis.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan perubahan akan menciptakan lapangan bermain yang setara untuk bisnis, menguntungkan konsumen dan mempromosikan pembangunan berkualitas tinggi dan kemakmuran bersama.

Pertemuan tersebut menekankan perlunya langkah-langkah kebijakan untuk melayani kepentingan Partai Komunis, sambil memperhatikan pasar domestik dan internasional. Para pemimpin juga mengatakan kebijakan harus lebih transparan dan dapat diprediksi. Pertemuan tersebut secara eksplisit menyerukan para pejabat untuk mendesak perusahaan mematuhi kepemimpinan partai.

Pihak berwenang China telah membidik beberapa perusahaan teknologi terbesar di negara itu, termasuk Alibaba Group Holding Ltd., yang menandakan kewaspadaan akan pertumbuhan dan pengaruh perusahaan yang cepat.

Meituan, platform pengiriman makanan terbesar di China, mengatakan bahwa pihaknya dapat menghadapi denda yang signifikan di tengah penyelidikan dalam operasinya.

Beberapa poin penting lain dari pertemuan yang juga dihadiri oleh Perdana Menteri Li Keqiang di antaranya, mengoptimalkan pengelolaan pasokan strategis dan tanggap darurat untuk menghindari risiko besar, dan mencegah serta mengendalikan penyalahgunaan kekuasaan administratif dalam membatasi persaingan.

Selain itu, meningkatkan kekuatan pengawasan antimonopoli, memperkuat penegakan hukum di berbagai bidang termasuk ekonomi platform, inovasi teknologi, dan keamanan informasi.

Di bidang energi dan iklim, Xi akan memperketat kontrol proyek yang mengkonsumsi energi dalam jumlah besar, serta menegakkan larangan total terhadap sampah impor. China juga akan memastikan akurasi data untuk menilai strategi pembangunan utama negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper