Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala BKF: Ini Peran Infrastruktur Berkelanjutan untuk Pemulihan Ekonomi

Kepala BKF Febrio Kacaribu menyebut peran penting infrastruktur berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu dalam Dialogue KiTa, Jumat (2/10/2020)/ Jaffry Prakoso-Bisnis
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu dalam Dialogue KiTa, Jumat (2/10/2020)/ Jaffry Prakoso-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyampaikan bahwa investasi di sektor infrastruktur memegang peranan yang penting dalam mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Peran investasi infrastruktur sangat penting pada saat ini untuk lebih mendorong pemulihan yang kuat,” katanya dalam seminar virtual Joining Forces for Recovery and A Safe, Sustainable Future, Selasa (24/5/2022).

Dalam jangka pendek, investasi di sektor infrastruktur yang berkualitas tinggi dapat meningkatkan output ekonomi dengan meningkatkan aktivitas konstruksi dan lapangan kerja.

Sementara untuk jangka panjang, pembangunan infrastruktur meningkatkan daya saing dan mengakselerasi rantai pasok yang sempat terganggu selama pandemi.

Pasalnya, dia mengatakan pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada pasokan barang dan jasa yang esensial.

Kondisi tersebut menimbulkan guncangan pada rantai pasokan global karena pembatasan pergerakan barang lintas batas dan gangguan jaringan transportasi.

Biaya dan waktu pengiriman naik tajam, sehingga mempengaruhi kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Pandemi menunjukkan pentingnya berinvestasi di sektor infrastruktur berkualitas tinggi untuk memastikan efisiensi jaringan transportasi, logistik, dan jaringan rantai pasokan.

Oleh karena itu, perlu ditingkatkan kontribusi investor, baik melalui multilateral and national development bank maupun pelaku usaha untuk berbagi beban dalam membangun infrastruktur yang tangguh dan berkelanjutan.

“Jika kita membahas infrastruktur, tentu termasuk infrastruktur digital sebagai salah satu intensitas integral dalam dunia yang saling terhubung saat ini. Dalam kebangkitan ekonomi digital, investasi sektor infrastruktur digital sangat penting untuk meningkatkan daya saing,” jelasnya.

Sebelumnya pun, pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara G20 pada April lalu, kembali menegaskan peran penting keuangan berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi global yang inklusif dan tangguh, terutama melalui sektor ekonomi hijau.

"Kami harap koordinasi yang kuat antara anggota G20 memberikan sinyal dan jaminan kepada investor bahwa pemerintah memiliki komitmen yang kuat dalam membangun infrastruktur yang berkelanjutan dan berkualitas," kata Febrio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper