Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Pendanaan Lahan Tol Solo-Jogja Capai Rp3,4 Triliun

Total pendanaan untuk PSN 2022 ini Rp7 triliun, dengan porsi Rp1 triliun untuk tol Solo — Yogyakarta.
Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo. /PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)
Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo. /PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mencatat realisasi pendanaan pembebasan lahan untuk jalan tol Solo – Yogyakarta telah mencapai Rp3,4 triliun hingga 20 Agustus 2022.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyampaikan pendanaan pembebasan tanah untuk pembangunan proyek jalan tol tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan aktivitas masyarakat kedepannya.

Hal ini disampaikannya saat melakukan peninjauan perkembangan dan pembayaran uang ganti rugi (UGR) pembebasan tanah Tol Solo- Yogyakarta-Kulonprogo di kantor kelurahan Purwomartani, Sleman, Yogyakarta, Kamis (25/08/2022).

”Negara memberikan uang ganti kerugian, maka semuanya menjadi beruntung. Pemilik tanah mendapatkan uang ganti, setelah tanah diserahkan, negara akan membangun jalan tol. Dalam proses tersebut akan ada penyerapan tenaga kerja dan perekonomian bergerak," kata Suahasil.

Ketika jalan tol sudah beroperasi, lanjutnya, fasilitas tersebut bisa digunakan seluruh masyarakat yang melintas, meningkatkan konektivitas dan akhirnya seluruh masyarakat mendapatkan keuntungan dari pembangunan jalan tol ini.

Pada kesempatan tersebut, Suahasil juga melakukan diskusi dengan masyarakat penerima UGR.

Dia menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat karena telah mendukung percepatan pembangunan dengan menyerahkan tanah kepemilikan untuk digunakan pembangunan jalan tol.

Wamenkeu juga menyampaikan agar proses pembayaran hak ganti untung kepada masyarakat dapat dilakukan secara efektif, efisien, serta uang tersebut dapat dipergunakan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menyampaikan bahwa proyek jalan tol Solo – Yogyakarta termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) jalan tol dengan realisasi pendanaan terbesar pada 2022.

Total pembayaran Tol Solo — Yogyakarta sendiri dari Januari hingga Agustus 2022, sudah disalurkan Rp1 triliun, ini jumlah tertinggi untuk PSN jalan tol.

"Total pendanaan untuk PSN 2022 ini Rp7 triliun, jadi Rp1 triliun sendiri untuk tol Solo — Yogyakarta,” jelasnya.

Sebagai informasi, ruas jalan tol Solo – Yogyakarta – Kulonprogo memiliki panjang 96,57 km dan proyek ini merupakan jalan tol pertama di Yogyakarta.

Selain ruas tol tersebut, LMAN juga mendanai pembebasan tanah di dua PSN lain di wilayah Yogyakarta, yaitu jalan tol Yogyakarta-Bawen dan Jalur Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper