Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waduh, Robert Kiyosaki Kembali Peringatkan Kehancuran Bitcoin dan Pasar Ini

Penulis buku Rich Dad Poor Dad ini memperingatkan kehancuran pasar real estat, saham, emas, perak, dan Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin. Reuters
Ilustrasi Bitcoin. Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Penulis buku Rich Dad Poor Dad Robert Kiyosaki kembali memberikan peringatan mengenai kehancuran Bitcoin, selain aset lain termasuk saham, emas, dan perak.

Kiyosaki menjelaskan di akun Twitter-nya pada Jumat (26/8/2022), bahwa setiap pasar tengah jatuh dan kelas menengah akan dihancurkan oleh lonjakan harga minyak.

"Semua pasar ambruk: real estat, saham, emas, perak, bitcoin. Kelas menengah dihancurkan oleh inflasi minyak yang lebih tinggi,” tulis Kiyosaki di @theRealKiyosaki, dikutip Bitcoin.org, Selasa (30/8/2022).

Pada hari Minggu, ia melanjutkan menindaklanjuti dengan tweet yang merujuk pada buku yang ia terbitkan pada Oktober 2013 berjudul “Rich Dad’s Prophecy: Why the Biggest Stock Market Crash in History Is Still Coming … And How You Can Prepare Yourself and Profit From It!”

Dia merinci bahwa 2008 adalah waktu yang tepat untuk menjadi kaya karena semuanya “dijual”. Ia menunjuk pada prediksinya tentang kehancuran pasar yang lebih besar yang diuraikan dalam bukunya.

“Kehancuran itu ada di sini. Jutaan orang akan musnah,” tulisnya.

Kiyosaki mengajak 2 juta pengikutnya di twitter untuk tidak termasuk di antara yang hancur. Ia mengatakan bahwa inilah saatnya bagi mereka untuk menjadi lebih kaya.

Penulis terkenal telah memperingatkan tentang kehancuran pasar dalam beberapa kesempatan. Dia baru-baru ini meramalkan kehancuran obligasi terbesar sejak 1788 dan menyatakan bahwa saham dan obligasi tengah jatuh.

Ia lebih lanjut memperingatkan bahwa inflasi dapat menyebabkan kehancuran lebih besar, yang ia sebut Greater Depression. Namun, pekan lalu dia mengungkapkan bahwa dia berubah pikiran mengenai obligasi pemerintah setelah mendengarkan ekonom Harry Dent.

Peringatannya soal pasar emas, perak, dan bitcoin ini bertolak belakang dengan komentarnya beberapa waktu lalu. Sebelumnya, ia malah merekomendasikan investor membeli emas, perak, dan bitcoin untuk beberapa waktu, menekankan bahwa dolar AS sedang sekarat. Pada Juli, dia mengatakan perak merupakan nilai investasi terbaik saat ini.

Kiyosaki juga mengatakan ia menunggu Bitcoin turun lebih jauh untuk membelinya. Pada bulan Juni, dia mengatakan dia sedang menunggu Bitcoin untuk menguji US$1.100 sebelum membeli. Sebulan setelahnya, dia juga mengatakan tengah menunggu untuk membeli BTC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper