Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ID Food Jajaki Kerja Sama Perdagangan Buah dengan UEA

ID Food ikut ambil bagian dalam Forum B20 untuk perluas potensi kerja sama sektor pangan, khususnya pertanian seperti padi, hingga buah-buahan.
Pertemuan bisnis antara ID Food dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA) dan pelaku usaha pangan di Bali pada 11 - 12 November 2022/ID Food
Pertemuan bisnis antara ID Food dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA) dan pelaku usaha pangan di Bali pada 11 - 12 November 2022/ID Food

Bisnis.com, JAKARTA – BUMN Holding Pangan ID Food menjajaki peluang kerja sama dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA) di sektor pangan, khususnya pertanian seperti padi hingga buah-buahan. Penjajakan kerja sama dilakukan dalam pertemuan bisnis di Forum B20 di Bali pada 11-12 November 2022.

Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan menyampaikan, terdapat potensi perluasan kerja sama sektor pangan dengan UEA, selain rencana investasi untuk revitalisasi Rice Milling Unit (RMU) yang dikelola ID Food Group.

“Pada pertemuan bisnis ini juga dilakukan pembahasan potensi kerja sama lainnya guna peningkatan sektor perdagangan pangan diantaranya palm fruit, dan Indonesia tropical fruit, kolaborasi pelaku usaha pangan dan private sector lokal Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi dikutip, Selasa (15/11/2022).

Seperti diketahui, lanjut Frans, Indonesia kaya akan produksi buah tropis nusantara yang memiliki nilai tambah dan kompetitif untuk pasar domestik dan internasional sehingga ID Food mendukung pemerintah Indonesia menggali potensi peluang perdagangan tingkat global untuk komoditas buah-buahan.

Sementara itu, Uni Emirat Arab (UEA) merupakan eksportir kurma terbesar dunia dan minat konsumsi kurma di Indonesia cukup banyak. Karena itu, menurutnya, terdapat peluang peningkatan perdagangan pangan yang dapat dikerjasamakan dengan perusahaan terkait di UEA maupun pelaku usaha pangan di Indonesia.

“Kami terus perluas sinergi untuk potensi peningkatan perdagangan pangan, termasuk kolaborasi dengan Kadin Indonesia, sebagai wujud sinergi antara pemerintah, BUMN pangan dengan pelaku usaha,” papar Frans.

Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha Holding Pangan ID Food Febriyanto menambahkan, momentum B20 ini dapat berpeluang memperluas komunitas bisnis internasional bagi ID Food dan menggaet kepercayaan dari komunitas global untuk kerja sama bisnis dengan ID Food.

Sebelumnya, ID Food juga menjalin kerja sama di sektor agribisnis dengan perusahaan asal UEA, yakni Elite Agro LLC.

Skema kerja sama antara ID Food dengan Elite Agro LLC meliputi pengelolaan dan optimalisasi lahan pertanian milik ID Food Group yang berlokasi di Pulau Jawa untuk dilakukan pengembangan agribisnis.

“Jadi terdapat lahan pertanian sekitar 500 hektare (ha) yang dikelola ID Food Group di wilayah Jawa Barat untuk kami optimalkan pengembangan sektor agribisnis, kerja sama dengan Elite Agro LLC,” jelas Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan.

Kesepakatan ini juga mencakup kerja sama teknologi untuk on farm dan off farm, peningkatan peran sebagai offtaker, serta investasi dan modal kerja untuk peningkatan produksi tanaman pangan termasuk proses pascapanennya dan pengembangan pasar ekspor.

“Sebagai komitmen kami dalam memperluas kolaborasi untuk memperkuat ekosistem pangan, kami akan terus membuka peluang kerja sama dengan negara anggota G20 dan negara berkembang lainnya sebagai dukungan kami dalam mengantisipasi krisis pangan global,” pungkas Frans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper