Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, ASDP Tambah Fasilitas di Pelabuhan Merak

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan tiga skenario penambahan fasilitas di Pelabuhan Merak saat menyambut Lebaran 2023.
Petuga ASDP mengatur kendaraan pribadi yang akan masuk ke dalam kapal Port Link di pelabuhan penyeberangan Merak, Banten Jumat (31/5/2019)/Bisnis-David Eka Issetiabudi
Petuga ASDP mengatur kendaraan pribadi yang akan masuk ke dalam kapal Port Link di pelabuhan penyeberangan Merak, Banten Jumat (31/5/2019)/Bisnis-David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah strategi penambahan fasilitas disiapkan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) guna menyambut potensi kenaikan arus pengguna Pelabuhan Merak, Banten, saat Lebaran 2023.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, perseroan telah melakukan persiapan peningkatan fasilitas dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa.

Seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/1/2023), peningkatan fasilitas di Pelabuhan Merak menjelang angkutan Lebaran 2023 dengan tiga skenario.

Pertama, ASDP melakukan peningkatan fasilitas melalui penambahan lahan parkir di Lahan Munic Cikuasa Atas (untuk area di luar pelabuhan). Selain itu dilakukan pula penambahan lahan parkir di 8  titik lokasi di dalam Pelabuhan Merak yakni melalui pembelian lahan dan pembongkaran kantor ASDP, untuk area di dalam pelabuhan.

"Dampak dari skenario ini, kapasitas Pelabuhan Merak akan bertambah, kurang lebih sebanyak 1.840 unit kendaraan kecil," katanya.

Kedua, adalah perluasan satu arah jalan arteri Cikuasa Atas. Selain itu, ASDP akan melakuka pemindahan stasiun KA Pelabuhan Merak d imana kereta api lokal akan berhenti di Stasiun Cilegon, dan perjalanan penumpang yang akan menyeberang dilanjutkan dengan Damri ke Pelabuhan Merak.

Menurutnya, pemindahan stasiun ini akan mendorong layanan logistik semakin efektif karena berdampak positif, dimana angkutan logistik semakin dekat menjangkau Krakatau Steel dan Ciwandan.

Melalui skenario kedua, lanjut Shelvy, peningkatan fasilitas untuk di luar pelabuhan adalah melalui pengoperasian Pelabuhan Ciwandan dan jalan arteri Cikuasa Atas diperlebar satu arah sejumlah 3,5 meter ke Arah Merak.

Sementara peningkatan fasilitas di dalam pelabuhan ASDP adalah pengoperasian Dermaga 1 sebagai Eksekutif 2, penambahan lahan parkir menjadi 8 titik lokasi melalui pembelian lahan, pembongkaran dan pemindahan kantor ASDP, relokasi KSKP serta pengoperasian tug boat.

Dampak atas skenario kedua ini adalah kapasitas Pelabuhan Merak akan bertambah sekitar 1.840 unit kendaraan kecil dan aksesibilitas jalan arteri Cikuasa Atas ke arah Merak bertambah satu lajur dan bahu jalan, yang setara kurang lebih 760 unit kendaraan kecil.

Ketiga, adalah melalui skema pemindahan Stasiun KA Merak ke lokasi baru dan jalan arteri Cikuasa Atas dan Bawah diperluas dua arah. Dengan skenario ini, maka peningkatan fasilitas di luar pelabuhan ASDP adalah pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, penambahan jalan arteri Cikuasa Atas dan Bawah selebar 3,5 meter 2 arah, dan adanya penambahan fasilitas timbangan kendaraan.

Sementara, di dalam pelabuhan adalah penambahan kapasitas Dermaga 1 sebagai layanan eksekutif kedua, penambahan parkir di delapan titik lokasi, dan pengoperasian tug boat.

Dengan skenario terakhir ini, maka kapasitas Pelabuhan Merak akan bertambah sekitar  1.840 unit kendaraan kecil dan aksesibilitas jalan arteri bertambah 2 (dua) lajur dan bahu jalan yang setara kurang lebih 1.520 unit kendaraan kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper