Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Diuji Coba, Segini Tarif Jalan Tol Becakayu Seksi Jakasampurna-Marga Jaya

Selama periode uji coba, pengguna jalan akan dikenakan tarif lama sebesar Rp14.000 untuk Golongan I.
Presiden Jokowi resmikan tol Becakayu/Bisnis-Irene Agustine
Presiden Jokowi resmikan tol Becakayu/Bisnis-Irene Agustine

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A & 2A Ujung, Jakasampurna–Marga Jaya mulai diuji coba pada Jumat (24/3/2023) sejak pukul 06.00 WIB. Pada saat uji coba tersebut, pengguna jalan tol akan dikenakan tarif.

Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No. 54/KPTS/M/2023, selama periode uji coba, pengguna jalan akan dikenakan tarif lama sebesar Rp14.000 untuk Golongan I. Dilakukannya uji coba ini merupakan rangkaian dari sosialisasi penyesuaian tarif Jalan Tol Becakayu yang semula dengan sistem terbuka 1 tarif, menjadi sistem terbuka dengan 4 zonasi tarif. 

Penyesuaian tarif Tol Becakayu yang dikelola oleh PT Kresna Kusuna Dyandra Marga diharapkan dapat menyeimbangkan antara panjang perjalanan rata-rata tempuh pengguna Jalan Tol dengan besaran tarif tol, sehingga pengguna jalan akan membayar sesuai dengan 4 zona asal dan tujuan. 

Setelah sosialisasi dan uji coba selesai, maka Jalan Tol Becakayu seluruhnya akan beroperasi penuh dengan menggunaan sistem 4 zonasi tarif tersebut. Dengan diterapkannya sistem zonasi ini, badan usaha jalan tol dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jalan baik pada pengguna jarak pendek maupun jarak jauh.

Pembagian zonasi terdiri dari 4 zona yaitu Zona 1 (Koneksi Wiyoto Wono - Jatiwaringin) sepanjang 5,1 km, Zona 2 (Koneksi Wiyoto Wiyono-Pondok Kelapa) sepanjang 7,8 km, Zona 3 (Koneksi Wiyoto Wiyono-Jakasampurna) sepanjang 11,9 km, Zona 4 (Koneksi Wiyoto Wiyono-Marga Jaya) sepanjang 16,8 Km.

Adapun, Jalan Tol Becakayu yang dibangun dengan konstruksi layang membentang dari wilayah Bekasi sampai wilayah Kampung Melayu dengan total panjang 16,78 km. Jalan Tol Becakayu juga terkoneksi dengan Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc via Gerbang Tol Pisangan.

Saat ini sebanyak 3 Seksi sudah beroperasi yang terbagi menjadi Seksi 1A (Casablanca-Cipinang) sepanjang 3,5 km, Seksi 1B dan C (Cipinang-Jakasampurna) sepanjang 8,4 km, dan Seksi 2A & 2A Ujung (Jakasampurna-Marga Jaya) sepanjang 4,88 km.

Dengan dioperasikannya Tol Becakayu perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu dapat ditempuh menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 20 menit--30 menit. Sebelumnya jika melalui jalan non tol, waktu tempuh dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar 60 menit perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper