Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diresmikan Jokowi, KEK Lido Milik MNC Group Beroperasi secara Bertahap

Pembangunan seluruh area lahan KEK Lido seluas 1.040 hektare dibutuhkan waktu sepuluh tahun. Namun, dalam waktu dekat kawasan milik MNC Group sudah beroperasi.
Proyek KEK Lido/ Widya Islamiati
Proyek KEK Lido/ Widya Islamiati

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Lido milik MNC Group dapat rampung secepatnya.

Hal itu disampaikan Jokowi langsung kepada Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat peresmian KEK Lido, pada Jumat (31/3/2023). Menurut presiden, KEK Lido berpotensi menggaet para wisatawan karena memiliki keunggulan kelas dunia. 

"Ini bagus ya kalau bisa ini cepat diselesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," kata Jokowi usai meresmikan KEK Lido di Bogor, Jawa Barat.

Di sisi lain, MNC Group berjanji merampungkan secepatnya proyek tersebut. Hanya saja, seperti disampaikan Direktur PT MNC Land Tbk, Natalia Cecilia Tanudjaja, pihaknya belum bisa memastikan kapan proyek yang dibangun di atas lahan seluas 1.040 Ha tersebut akan rampung sepenuhnya.

“Ini panjang [masa pembangunan], ini 10 tahun gak akan habis ini,” kata Natalie saat ditemui Bisnis di KEK Lido, Bogor Jawa Barat pada Jumat (31/3/2023).

Natalia mengungkapkan pembangunan KEK Lido secara keseluruhan dilakukan secara bertahap. Dia menyebutkan, dalam kurun waktu satu tahun proyek besar MNC Group ini akan menambah hingga 3 objek wisata baru di dalamnya.

“Karena kita semuanya bertahap, tapi ya saya sampaikan, setiap tahun akan ada tiga objek yang baru di KEK Lido ini,” tambahnya.

Walau belum seluruhnya dikembangkan, KEK Lido bisa langsung beroperasi sewaktu pembangunan berbagai objek wisata lebih dulu rampung. 

“Jadi tahun ini kami ada hotel, baru kita ada golf, ada Lido Music and Art Centre [LMAC], kami ada movie land, ada empat yang beroperasi,” jelas Natalia.

Dalam peresmian ini Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bima Arya serta Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo. 

Sekadar informasi, MNC Land Tbk siap mengoperasikan tiga proyek di KEK MNC Lido City. Ketiga proyek tersebut yakni LMAC (Lido Music Art Center), Movieland, dan Trump International Lido Golf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper